Skip to content Skip to navigation

SELEBRASI HUT 73 TAHUN MAJELIS PENDIDIKAN KRISTEN DI INDONESIA, "TRANSFORMASI MELALUI KOLABORASI"

Gerejani Dot Com - Pada Sabtu, 24 Juni 2023, Majelis Pendidikan Kristen di Indonesia (MPK) merayakan Hari Ulang Tahun ke-73, tepatnya HUT MPK pada 5 Juni 2023 lalu. Ibadah syukur diadakan secara onsite kapasitas terbatas di GKI Pondok Indah, Jakarta Selatan, dan juga secara streaming online via Zoom serta youtube channel.

Berdasarkan keterangan dalam situs MPK, dijelaskan bahwa MPKW Jabodesiten bertanggung jawab dalam mengkoordinasikan seluruh rangkaian Ibadah Syukur Perayaan HUT MPK ke-73. Mereka berperan sebagai panitia dalam menyelenggarakan acara tersebut, termasuk mengatur dan mengoordinasikan berbagai aspek yang terkait dengan ibadah syukur tersebut.

Ibadah syukur dimulai dengan doa pembukaan oleh Pdt. Em. Kaston Sinaga, kemudian dilanjutkan dengan tampilan video Paduan Suara Athalia yang berjudul “You Are Mine” mengisi ibadah dengan keindahan suara yang menggugah hati.

Khotbah ibadah syukur HUT MPK ke-73 tahun dibawakan oleh Pdt. Em. Tumpal Tobing, dengan tema “Tangan Tuhan Membawa Kemenangan” yang terinspirasi dari ayat Yesaya 41:10. Melalui khotbahnya, Pdt Tumpal mengajak jemaat untuk mempercayai dan bergantung sepenuhnya kepada Tuhan dalam setiap situasi kehidupan, karena tangan-Nya membawa kemenangan dan kekuatan.

Selanjutnya, Tirtamarta Children Choir mempersembahkan pujian dengan lagu “Carry The Light”, memberikan semangat dan kegembiraan dalam ibadah syukur ini. Keindahan suara anak-anak ini menyentuh hati dan mengangkat semangat jemaat untuk terus membagikan terang Kristus di dalam dunia.

Ibadah syukur ditutup dengan pengutusan dan berkat oleh Pdt. Em. Tumpal Tobing, menguatkan jemaat untuk hidup dalam kuasa dan anugerah Tuhan serta menjadi berkat bagi sesama.

Setelah ibadah, sambutan diberikan oleh GKI Pondok Indah sebagai tuan rumah yang diwakili oleh Pnt. Andreas Ardi Wardha, dilanjutkan oleh panitia HUT MPK yang diwakili oleh Presno Saragih memberikan sambutan, mengungkapkan rasa syukur dan apresiasi atas perjalanan panjang MPK dalam meningkatkan kualitas pendidikan Kristen di Indonesia, dan terimakasih atas setiap pihak yang telah berkontribusi sehingga acara ini daapt berlangsung dengan baik.

Sambutan disampaikan juga oleh Ketua Umum MPK Handi Irawan, menyampaikan harapan dan visi MPK dalam menghadapi tantangan di masa depan.

Handi mengajak jemaat untuk terus berkolaborasi dalam mempercepat dan mewujudkan transformasi pendidikan Kristen di Indonesia.

Acara diramaikan dengan penampilan Adhisvara Choir yang membawakan lagu Konferensi Nasional Gereja dan Pendidikan 2023 dengan tema “Kolaborasi Menuju Transformasi”, yang diciptakan oleh Santoso Gondowidjojo. Suara merdu dan penyampaian yang penuh semangat dari paduan suara ini memperkaya pengalaman ibadah syukur ini.

Penyampaian kata sambutan masih berlanjut, oleh Sekretaris Dirjen Bimas Kristen Johni Tilaar, dan Kepala Litbang PGI Pdt. Shuresj Tomaluweng, mengapresiasi karya dan dedikasi MPK dalam memajukan pendidikan Kristen di Indonesia.

Johni Tilaar menyampaikan harapannya bahwa MPK dapat menjadi mitra strategis dalam mendukung program strategi Kementerian Agama.

Sebagai wujud selebrasi ulangtahun, diadakan juga prosesi penyalaan lilin di atas kue ulang tahun, yang dilakukan oleh Ketua MPK Indonesia, Handi Irawan, sebagai simbol perayaan HUT MPK yang ke-73. Lilin yang dinyalakan kemudian tidak ditiup, dimana ini menggambarkan semagat MPK yang tidak pernah padam.

MPKW juga turut meramaikan acara dengan memberikan ucapan baik melalui video maupun secara langsung melalui Zoom. Dukungan dan partisipasi dari MPKW sangat berarti dalam memperkuat semangat dan komitmen MPK dalam menjalankan tugas dan misi pendidikan Kristen.

Keseluruhan rangakaian selebrasi HUT ke-73 MPK ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ketua MPKW Jabodesiten Arif Suryanto, memohon berkat dan kekuatan Tuhan bagi MPK dalam perjalanan mereka yang terus berlanjut.

HUT MPK yang ke-73 ini merupakan momen bersejarah yang membanggakan, memperlihatkan kesetiaan dan kebesaran Tuhan dalam menggerakkan MPK selama puluhan tahun. Dalam setiap langkahnya, MPK terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan Kristen di Indonesia, membentuk generasi yang kuat dalam iman dan berkontribusi positif bagi bangsa. (DPT)

Share

Advertorial