Skip to content Skip to navigation

NATAL SENIOR GMKI JAKARTA, HADAPI TAHUN 2023 JADILAH TERANG

Gerejani Dot Com - Forum Senior GMKI Jakarta mengadakan "Natal Bersama Senior GMKI Jakarta" pada 21 Januari 2023, bertempat di Auditorium kantor pusat Kementerian Pertanian RI Jl. Harsono RM No. 3 Ragunan Jakarta Selatan.

Acara dihadiri ratusan Senior dan Anggota GMKI Jakarta, tamu undangan seperti dari Komisi Kejaksaan.

Hadir sejumlah senior dari angkatan era 60 an - 80 an, seperti Freddy Latumahina, Postdam Hutasoit, Chatarinus Simanjuntak, Marthin Hutabarat, Cornelius D. Ronowidjojo, juga hadir sejumlah mantan Ketua Cabang GMKI Jakarta era tahun 1990 an - 2000 an, yakni Marihot Silitonga, Richard W. Pakpahan, dan Deddy P. Tambunan.

Hadir Ketua Caretaker GMKI Jakarta Sikkat Pasaribu, yang juga mantan atlet tinju nasional, sejumlah kader GMKI Jakarta yang pernah menjadi Pengurus Pusat GMKI, seperti Freddy F.M Pandiangan, John R. Siregar, serta cukup banyak hadir Senior GMKI lintas cabang, seperti Sahala Lumban Gaol (mantan Komut PT. Garuda Indonesia, GMKI Bogor), mantan Dewan Pengawas BPJS Tenaga Kerja, Rekson Silaban (GMKI Pematang Siantar) dan Istri, Merdy Rumincab (GMKI Manado), hadir juga wartawan senior Kompas Sonya Sinombor (GMKI Manado), Jerry Rumahlatu (Dosen, GMKI Makassar), Marthen Napang (Dosen, GMKI Makassar), Sherly Wattimena (Wakil Ketua Umum DPP GAMKI, GMKI Ambon), Nenny Purba (DPP GAMKI, GMKI Medan), Corneles Galajinjinay (mantan Ketua Umum PP GMKI, GMKI Makassar), dan Victor Sibarani (mantan Ketua Cabang GMKI Banjar Baru).

Pembawa renungan Natal, Pdt. Dr. Hariman A. Pattianakota, M.Th, Dosen Universitas Kristen Maranatha Bandung, juga Senior GMKI Jakarta, menyampaikan renungan tema Natal "Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain', tema tersebut diangkat dari Matius 2: 1-12, dengan pembawa pesan Natal Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto, S.Sos., M.Sc., Ph.D, putra mantan Pandam IX Udayana almarhum Mayjen TNI (Purn) Theo Sjafei, keponakan dari Senior GMKI Makassar Pdt. Shirato Sjafei.

"Tema ini menyampaikan sesuatu yang baru tentang jalan lain, jalan yang tidak biasa, biasanya untuk hal yang baru orang dipaksa keluar dari zona nyaman, karena itu butuh nyali untuk keberanian, apalagi jalan baru bisa saja menjadi jalan yang mengancam, jalan yang penuh resiko" urai Pdt Hariman.

Lebih lanjut menurut Pendeta Hariman, ajakan pergi melalui jalan lain, disampaikan oleh Malaikat Tuhan kepada orang Majus yang juga dikenal kaum cerdik cendekia.

Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto menyampaikan bahwa berdasar kajian Lemhannas, tahun 2023 dikatakan gelap, berdasar dampak dari perang Rusia - Ukraina yang bergolak, inflasi Amerika Serikat, dan resesi ekonomi global, namun demikian Andi menyerukan sebagai umat kristiani, agar dapat menjadi terang, dengan optimisme dan semangat menjalankan aktivitas sebaik-baiknya.

Dr. Jan S. Maringka selaku Ketua Panitia Natal Bersama Senior GMKI Jakarta, mantan JAM Intel Kejaksaan Agung RI, kini menjabat Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian RI, dalam kata sambutannya, menyampaikan capaian kinerja Kementan, seperti capaian ekspor pertanian yang meningkat, dan menyerukan serta mengajak keluarga besar GMKI Jakarta untuk turut menjaga ketahanan pangan.

Jan Maringka mengemukakan strategi pengawasan Kementerian Pertanian menuju kedaulatan pangan, yakni :
1. Fokus pada Program Strategis, Prioritas, dan Super Prioritas.
2. Membangun sinergi APIP dan APH untuk mewujudkan ketahanan pangan.
3. Mewujudkan pembangunan pertanian tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran.
4. Membangun sistem pelaporan yang terintegrasi agar akses informasi pembangunan pertanian didapat secara cepat, tepat, dan akurat.
5. Membangun kemitraan strategis dengan stakeholder bidang pertanian.

Jan Maringka disela-sela kata sambutannya, menyemangati hadirin dengan mengajak menyanyikan Mars Jaga Pangan, dan menyerukan yel-yel #JAGA PANGAN JAGA MASA DEPAN".

Sementara Ketua Forum Senior GMKI Jakarta Padot Gultom, dalam kata sambutannya mengemukakan rasa bahagianya acara Natal Senior GMKI Jakarta dapat terlaksana, setelah sempat vakum dalam masa pandemi.

"Alangkah berbahagianya kita bisa berkumpul pada malam hari ini, masih dalam suasana Tahun Baru 2023, dalam acara Perayaan Natal Forum Senior GMKI Cabang Jakarta".

Lebih lanjut Padot Gultom, yang juga Direksi perusahaan besar di Jakarta, menyampaikan "Seperti pada tema Natal kita pada hari ini yang diambil dari Matius 2 ayat 12b, Maka Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain, sekali lagi kita diingatkan untuk terus meningkatkan kewaspadaan di dalam kehidupan kita sehari-hari. Apalagi kita ketahui bersama, setelah melewati masa pandemi yang sulit dalam 3 tahun kebelakang, seluruh dunia masih dihantui oleh keadaan ekonomi yang tidak menentu. Mungkin bapak dan ibu sudah sering mendengar berita yang sering digaungkan selama pertengahan kedua tahun 2022 yang lalu, banyak ahli-ahli ekonomi serta para petinggi negara-negara besar dan organisasi di level dunia tak henti-henti nya menyerukan bahwa di tahun 2023 akan terjadi resesi ekonomi skala global".

Sinkronisasi paparan Gubernur Lemhannas dan Irjen Kementan, dengan makna tema Natal, disampaikan Padot Gultom "Sangatlah tepat dan sejalan dengan tema perayaaan Natal kita hari ini, kalaupun kita sepertinya dalam keadaan yang baik-baik saja, paling tidak kita harus lebih kreatif dalam mencari jalan alternatif lain agar terhindar dari bahaya yang menanti".

Kemeriahaan perayaan Natal Bersama Senior GMKI Jakarta, diramaikan dengan sejumlah pengisi acara, seperti vokal grup Bible Study Senior Lintas Cabang, serta pemberian doorprize. (DPT)

Share

Advertorial