Skip to content Skip to navigation

MERIAH PERAYAAN 110 TAHUN INJIL MASUK TORAJA

Gerejani Dot Com - Ibadah Raya 1 memperingati 110 Tahun Injil Masuk Toraja, yang diadakan di kompleks Pasar Seni Makale, Tana Toraja pada Kamis (9 Maret 2023), mengawali meriahnya rangkaian selebrasi Perayaan 110 Tahun Injil Masuk Toraja (IMT).
 
Perayaan 110 tahun IMT akan mengambil tema “Injil Memulihkan dan Meneguhkan Untuk Menjadi Terang” (Yesaya.58:8).
 
Rangkaian selebrasi merayakan 110 Tahun Injil Masuk Toraja, secara resmi berlangsung dari 9  hingga 18 Maret 2023, dengan pusat kegiatan berlokasi didua tempat yakni Makale (Tana Toraja) dan Rantepao (Toraja Utara).
 
Prosesi acara pembukaan berlangsung pada pukul 09.00 WITA, dihadiri ribuan masyarakat dari berbagai latarbelakang, selain jemaat gereja-gereja di Toraja, termasuk juga dihadiri oleh Direktur Gereformeerde Zendingsbond (GZB) Martin Boogart.
 
Acara pembukaan diawali penampilan marching band dari SMP Kristen Makale, dibuka secara resmi oleh Ketua Panitia 110 Tahun IMT Djekson Mari.
 

Sekilas Sejarah Injil Masuk Toraja

Selebrasi memperingati Injil Masuk Toraja akan dilakukan setiap 10 tahun, tepatnya diperingati setiap 16 Maret.
 
Penetapan 16 Maret sebagai Hari Injil Masuk Toraja disepakati setelah melakukan beberapa kali penelitian, gereja-gereja di Toraja sepakat menetapkan tanggal 16 Maret 1913 sebagai hari pertama masuknya Injil ke Toraja.
 
Pemilihan 16 Maret bertepatan momentum pada 16 Maret 1913, terjadi pembaptisan perdana 20 orang di Toraja menjadi Kristen, buah pekabaran Injil misionaris Aris Van De Loosdrecht.
 
Kini bertepatan dengan 110 Tahun Injil Masuk Toraja, diadakan pembaptisan 110 anak dari berbagai jemaat Gereja Toraja di Tana Toraja dan Toraja Utara.
 
“Ada 110 anak yang dibaptis serentak. Ini untuk memperingati pembaptisan pertama yang dilakukan zendeling Aris Van De Loosdrecht di Makale saat tiba pertama kali di Toraja,” ujar Ketua Panitia IMT, Djeckson Mari.
 
Ketua Umum Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja TorajaPdt. Dr. Alfred Anggui menjelaskan, kehadiran Injil di Toraja memulihkan kehidupan masyarakat Toraja. Zendeling Van De Loosdrecht, lanjut Pdt Alfred, telah memajukan masyarakat dalam bidang pendidikan dan kesehatan.
 
“Injil sudah membuat masyarakat Toraja pulih. Ini jadi momentum lompatan besar dalam perubahan masyarakat Toraja, karena kita ketahui setelah Zendeling Van De Loosdrecht menginjakan kaki di Toraja, tidak lain pertama kali dibangun adalah sekolah dan rumah sakit,” jelas Pdt Alfred.
 
“Di gereja orang bisa mendapatkan sebuah hal layanan tanpa membeda-bedakan, yang mungkin kalau di luar diperlakukan diskriminatif. Terakhir, di gereja semua orang dirangkul tanpa terkecuali di dalam kasih Kristus,” tambah Pdt Alfred.
 
Sekretaris Jenderal Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI)Dating Palembangan, menyambut selebrasi 110 Tahun Injil Masuk Toraja, kepada media mengungkapkan rasa syukurnya kepada AA Van Der Lostrech yang sudah membawa berita suka cita (Injil).
 
"Saya sebagai masyarakat Toraja yang hidup saat ini teristimewa sebagai Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Perhimpunan Masyarakat Toraja (Sekjen PMTI) tentunya sangat berterima kasih kepada AA Van Der Lostrech yang sudah membawa berita suka cita berupa keselamatan yang mensejahterakan bagi umat manusia yaitu Berita Injil. Mungkin masih ada yang lain tapi yang sangat tertulis dengan tinta emas adalah Van Der Lostrech karena dalam misinya yang baru berapa tahun harus menjadi martir dalam pengajarannya" jelas Dating Pelembangan, sebagaimana diberitakan palopopos.fajar.co.id Jumat, 10 Maret 2023.
 

10 Pokok Kegiatan 110 Tahun Injil Masuk Toraja

Ada 10 pokok kegiatan dalam rangka selebrasi 110 Tahun Injil Masuk Toraja, yakni : Ibadah Raya I, Pekabaran Injil, Peningkatan Pendidikan dan kesehatan, Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Bedah Rumah 110 rumah warga yang tidak mampu yang ada di Toraja kerjasama dengan UKI Toraja dan Kodim 1414 Tana Toraja, dan renovasi makam misionaris Antonie Aris van de Loosdrecht, beberapa sekolah serta gereja. Ada juga kegiatan pemugaran objek wisatan Salib di Buntu Singki’ Rantepao, Lomba kreatifitas Generasi Muda dan Pameran UMKM melibatkan Kaum Difabel dan perayaan 110 tahun IMT akan ditutup dengan Ibadah Raya II.
 
Selebrasi 110 Tahun Injil Masuk Toraja, mendapat perhatian dan dukungan dari banyak pihak, selain Pemda, TNI-Polri, BNN Tana Toraja pun turut memberikan atensi, sebagaimana disampaikan Kepala BNN Kab. Tana Toraja AKBP Natalya Dewi Tonglo, SH dalam situs resmi BNN Kab Tana Toraja. Selain itu, sejumlah artis top juga turut memeriahkan, diantaranya Nowela Idol dan Anggi Marito Idol.
 
Puncak acara akan dilaksanakan di halaman Tongkonan Sangulele Kantor Pusat BPS Gereja Toraja di Rantepao. (DPT)
Share

Advertorial