Skip to content Skip to navigation

MENTERI AGAMA YAQUT CHOLIL QOUMAS UNGKAP KAGUM TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA KABUPATEN TOBA, SAAT MELANTIK KETUA PW ANSOR SUMUT ADLIN TAMBUNAN

Gerejani Dot Com - Toleransi antar umat beragama di Kabupaten Toba Samosir Sumatera Utara, mendapat apresiasi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Gus Yaqut yang juga Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor, mengaku kagum dengan toleransi antar umat beragama di Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut), yang notabene mayoritas penduduknya memeluk agama Kristen.

Apresiasi kekaguman Ketum GP Ansor, yang juga adik kandung Ketua Umum PB NU, diungkapkan usai acara pelantikan Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda (PW GP) Ansor Sumut di Aula SMA Unggul Del, sekolah besutan Menko Maritim dan Investasi Luhut B. Panjaitan, di Kabupaten Toba, Jumat (19/8) sebagaimana diberitakan merdeka.com.

"Saya senang di Toba yang mayoritas penduduknya Kristen dan Muslim sebagai minoritas, tapi kita diterima dengan baik serta hangat," ujar Gus Yaqut.
Gus Yaqut mengibaratkan Indonesia itu seperti wilayah Toba dengan toleransi antar umat beragama.

"Jadi Indonesia di mana tempatnya tidak akan tanya apa agamanya. Kalau kita datang ke suatu tempat bertanya dahulu apa agamanya. Kita tidak akan ke mana-mana," tegas Gus Yaqut.

Lebih lanjut Gus Yaqut menyampaikan bahwa Kementerian Agama, telah bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat, dalam rangka peningkatan status Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung menjadi Universitas.

Adapun Ketua PW GP Ansor Sumut periode 2022-2027 yang dilantik Gus Yaqut, yakni H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST., MSP juga Wakil Bupati Serdang Bedagai, merupakan Ketua PW GP Ansor termuda. (DED)

Share

Advertorial

Advertisement