Skip to content Skip to navigation

MAN 2 KOTA SEMARANG SOSIALISASI TAHUN TOLERANSI, SMAN 1 KOTA DEPOK DICANANGKAN SEKOLAH TOLERANSI PERTAMA

Gerejani Dot Com - Sejak Kementerian Agama RI mencanangkan 2022 sebagai Tahun Toleransi, sebagaimana tertuang dalam KMA 494 Tahun 2022, beragam kegiatan dilakukan merespon pemberlakuan Tahun Toleransi tersebut.

Respon pemberlakuan Tahun Toleransi tidak hanya dari lembaga pemerintah, tetapi juga institusi pendidikan, sebagaimana dilakukan oleh MAN 2 Kota Semarang Jawa Tengah.

Wakil Kepala Bidang Hubungan Masyarakat MAN 2 Kota Semarang, Ahmad Riyatno menyampaikan dalam kotasemarang.kemenag.go.id, “Perintah dari Kemenag Wilayah Jawa Tengah langsung kami tindaklanjuti, salah satunya adalah dengan mencantumkan logo toleransi di web madrasah, medsos dan flayer kegiatan, tim humas madrasah cepat bergerak mensosialisasikan program ini kepada seluruh warga madrasah tentang arti dan makna toleransi” tandas Ahmad Riyatno

Sementara itu, Penanggungjawab situs MAN 2 Kota Semarang, Edy Purwoko mengemukakan “Era global membutuhkan semangat toleransi untuk menjaga perdamaian dan kerukunan. Perang antara Rusia dan Ukraina mengakibatkan krisis kemanusiaan dan guncangan ekonomi bekepanjangan di dunia dan imbasnya juga berdampak kepada negara Indonesia”.

Kepala MAN 2 Kota Semarang, H. Junaedi menyambut baik program toleransi beragama, dan madrasah sudah mensosialisasikan dalam setiap kegiatan, salah satunya adalah menyertakan logo toleransi dalam setiap kegiatan.

“Perlu sinergi seluruh stage holder madarasah agar program ini sukses” tukas Junaedi.

Pencanangan SMAN 1 Kota Depok, Sekolah Toleransi Pertama

Bila MAN 2 Kota Semarang mengimplementasikan dukungan Tahun Toleransi, dengan mensosialisasikan ketentuan Tahun Toleransi ke seluruh warga madrasah, termasuk pemasangan logo Tahun Toleransi Indonesia 2022 dilaman web madrasah, sedangkan SMAN 1 Kota Depok Jawa Barat, telah dicanangkan sebagai Sekolah Toleransi pertama di Indonesia.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mencanangkan SMA Negeri 1 Kota Depok, menjadi sekolah toleransi pertama di Indonesia, pada Rabu 20 April 2022, yakni dengan ditandatanganinya prasasti pencanangan, disaksikan oleh Walikota Depok Muhammad Idris, dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dedi Supandi menjelaskan dalam suara.com, bahwa pencanangan sekolah toleransi pertama di Indonesia ini, sebagai upaya membumikan jiwa nasionalisme kebangsaan melalui pendidikan di Jawa Barat.

"Dan saya juga berharap, di seluruh siswa-siswi se-Jabar itu ada tagline perharinya, misalnya hari Senin harus bercerita tentang kebangsaan, Selasa bercerita tentang persatuan, Rabu tentang budaya lokalnya, Kamis tentang musyawarahnya, Jumat tentang keagamaannya, Sabtu tentang berkunjung kepada orang tua atau kakek dan neneknya," lanjut Dedi Supandi.

Sementara Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto menambahkan, bahwa untuk memupuk generasi muda agar memiliki sifat-sifat yang toleran, yakni menghargai sesama, mampu bekerja sama, dan menciptakan suatu kerukunan tanpa memandang suku, bangsa, agama sehingga dari sekolah inilah kader-kader toleransi selalu muncul dan menjadi pionir di dalam masyarakat. (DPT)

Share

Advertorial

Advertisement