Skip to content Skip to navigation

21 MAHASISWA DARI 10 PRODI DI 3 KAMPUS UPH, BERHASIL RAIH BEASISWA IISMA 2022

Gerejani Dot Com - Universitas Pelita Harapan mencatatkan prestasi yang diraih 21 mahasiswa dari 10 Program Studi (Prodi), mereka berasal dari Kampus UPH Karawaci, UPH Medan, dan UPH Surabaya, yang berhasil lolos dari seleksi ketat program unggulan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), dan berhasil mendapatkan Beasiswa Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA) 2022Kesepuluh Prodi tersebut antara lain Hubungan Internasional (HI), Desain Produk, Biologi, Arsitektur, Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Ilmu Komunikasi, Hukum, Psikologi, Manajemen (Kampus Surabaya dan Medan), dan Akuntansi (Kampus Medan).

Program IISMA sendiri bertujuan untuk memberikan hak dan kesempatan bagi mahasiswa mengembangkan kompetensi dan pengetahuan, serta memberikan pengalaman studi di perguruan tinggi luar negeri. Pencapaian ini juga sekaligus menjadi bukti bahwa UPH selalu memberikan dorongan dan kesempatan bagi mahasiswa agar mendapatkan pengalaman berkualitas yang berguna, seperti melalui Program IISMA ini, demikian keterangan media yang diterima redaksi.

Program IISMA : Mahasiswa Lanjut Studi Di Top 300 QS University Ranking

Melalui Program IISMA, mahasiswa UPH akan melanjutkan studi selama satu semester di universitas ternama di benua Amerika, Asia, Australia, dan Eropa, yang masuk dalam jajaran Top 300 QS University Ranking; antara lain Nanyang Technological University (NTU) Singapura, University of Warsaw Polandia, Australian National University, University of Melbourne, dan lainnya. Selama menjalani masa kuliah, mahasiswa dapat mengambil mata kuliah untuk pengembangan diri yang diminati dan sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Dari 10 Prodi UPH, mahasiswa terbanyak yang berhasil lolos seleksi beasiswa IISMA, datang dari Prodi HI dengan 7 mahasiswa dan Desain Produk dengan 4 mahasiswa terpilih.

HI merupakan salah satu Prodi yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPH. Para mahasiswa HI UPH telah diperlengkapi dengan berbagai keahlian praktis, wawasan internasional, serta dilatih berpikir lebih komprehensif dengan mempertimbangkan beragam disiplin ilmu. HI UPH juga merupakan satu-satunya universitas yang menjadikan ASEAN sebagai konsentrasi peminatan. Pengembangan soft skill mahasiswa juga menjadi fokus utama HI UPH, melalui beragam kegiatan mahasiswa seperti mengikuti kompetisi Model United Nations (MUN), Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Chapter UPH, dan memiliki International Relations Debate Club (IRDC).

Lebih lanjut, Desain Produk UPH juga unggul dengan beragam kegiatan mahasiswanya. Berbagai pameran telah dilakukan baik di dalam UPH maupun di luar UPH. Terbaru, Desain Produk UPH akan melakukan pameran di Lippo Mall Puri dengan tema 'Meraki', dimana kegiatan pameran ini akan membawa mahasiswa UPH dekat dengan publik dan dunia industri secara langsung. Para mahasiswa meyakini bahwa setiap pengalaman yang diperoleh selama studi di UPH telah memampukan mereka meraih beasiswa IISMA 2022.

Meresponi ini, Rektor UPH Dr. (Hon) Jonathan L. Parapak, M.Eng.Sc. mengatakan, "UPH senantiasa menghadirkan pendidikan transformatif untuk melahirkan sumber daya yang unggul. Di UPH, kami selalu memberikan kesempatan dan mendorong mahasiswa agar dapat meraih prestasi terbaik mereka, salah satunya dengan lolos dalam program Beasiswa IISMA ini. Lewat program ini, para mahasiswa UPH dapat membuka peluang-peluang baru untuk berkolaborasi baik dalam hal akademik, kemahasiswaan, maupun penelitian. UPH berharap program IISMA ini dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memperlengkapi diri, memperluas jejaring, dan menjadi representatif mahasiswa Indonesia yang berkualitas serta mampu bersaing di dunia global,” ungkap Rektor UPH.

Respon positif juga disampaikan oleh Noviyanto, S.T., M.M.S.I selaku Kepala Bagian Umum Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III yang menyatakan rasa bangganya terhadap 21 mahasiswa UPH yang terpilih dalam Program Beasiswa IISMA 2022.

“UPH termasuk dalam 3 besar kampus dengan jumlah penerima Beasiswa IISMA terbanyak di LLDIKTI Wilayah III. Kami merasa sangat bangga, bahagia, dan kami harap ketika mereka mendapatkan berbagai ilmu dan wawasan di luar negeri, mereka dapat pulang ke tanah air untuk menjadi agen perubahan bagi UPH dan Indonesia, serta menjadi mentor bagi adik-adik kelasnya di UPH untuk mengikuti program ini di tahun berikutnya,” jelas Noviyanto.

 Tidak Mudah Ikut Program IISMA

Tentu untuk meraih beasiswa IISMA bukanlah hal mudah, mahasiswa telah melalui proses yang sangat ketat dan menantang. Pengalaman inilah yang begitu berkesan bagi seluruh mahasiswa, seperti yang diceritakan oleh Vanessa Jovana dari Sistem Informasi UPH Kampus Medan dan Samuel Emmanuel Soentoro dari Prodi Biologi UPH Karawaci.

“Kesempatan ini sangat berharga, mengingat peserta yang mendaftar sangat banyak dari seluruh Indonesia. Salah satu impian saya yang terwujud adalah bisa merasakan pengalaman kuliah di luar negeri. Saya berharap melalui program ini banyak hal yang bisa saya pelajari, mulai dari budaya, time-management, independence, dan lainnya. Saya juga berharap pengalaman ini bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan, wawasan, dan keterampilan baru yang bisa saya bagikan dan menjadi inspirasi bagi orang lain,” ungkap Vanessa.

Seperti Vanessa, Samuel juga mengungkapkan bahwa proses seleksi IISMA sangat menantang. Mulai dari melewati serangkaian tes, surat deklarasi, nilai transkrip akademik, membuat esai, dan tes kebhinekaan, serta menyertakan surat bebas Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (NAPZA). Berkat kegigihan dan pembekalan yang diperolehnya di Prodi Biologi UPH, Samuel berhasil lolos mendapatkan beasiswa ke The University of Adelaide, Australia.

“Pengalaman ikut program IISMA adalah momen tidak terlupakan. Harapan saya, setelah mengikuti dan menyelesaikan program IISMA ini, saya bisa belajar hal baru baik dari sisi akademis maupun non-akademis. Lebih dari itu saya juga berharap lewat pengalaman saya selama kuliah di luar nanti, saya bisa menjadi mahasiswa yang semakin berwawasan luas,” jelas Samuel.

Dengan program beasiswa ini, para mahasiswa UPH yang terpilih akan mendapatkan beasiswa berupa tuition fee, akomodasi, fasilitas PCR, pengurusan visa, asuransi kesehatan, uang saku, dan uang housing selama menetap di universitas tujuan.

Nama-nama 21 Mahasiswa UPH Berhasil Ikut Program IISMA

Berikut nama-nama 21 Mahasiswa UPH yang berhasil lulus mengikuti Program IISMA 2022, dan mendapat beasiswa kuliah pada kampus-kampus internasional terkemuka dunia :

  1. Angeline Lawrencia (Hanyang University, Korea Selatan)
  2. Annika Fathma Indra (University of York, Inggris)
  3. Bryan Edgar Kumala (Arizona State University, Amerika Serikat)
  4. Catharina Carissa Alfiora (Arizona State University, Amerika Serikat)
  5. Cathleen Elliana (University of Birmingham, Inggris)
  6. Chrystle Feodore Manlee (Maastricht University, Belanda)
  7. Cornelia Kristian (University of Warsaw, Polandia)
  8. Elvira Grizelle Chandra (University of Warsaw, Polandia)
  9. Gema Hisar Nawara Togatorop (University of Warsaw, Polandia)
  10. Gilbert Jeremy Karley (Australian National University, Australia)
  11. Jezzania Verlyn Christy (Pompeu Fabra University, Spanyol)
  12. Kevin Jonathan Parulian Pangaribuan (Radboud University, Belanda)
  13. Maeve Eunicia (Humboldt-Universitat zu Berlin, Jerman)
  14. Michael Timothy (University of Melbourne, Australia)
  15. Richie Chandra Winata (Australian National University, Australia)
  16. Sabrina Clarissa (University of Sydney, Australia)
  17. Samuel Emmanuel Santoso (The University of Adelaide, Australia)
  18. Valeria Gabriella (Vrije Universiteit Amsterdam, Belanda)
  19. Vanessa Elaine (Korea University, Korea Selatan)
  20. Vanessa Jovana (Nanyang Technology University, Singapura)
  21. William Davis Subroto (Sapienza University of Rome, Italia)

 

Dengan keikutsertaan mahasiswa UPH dalam program IISMA, telah membuktikan upaya UPH dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi lulusan yang kompeten, tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, berstandar global, dan siap menjadi pemimpin dunia dengan menjunjung semangat kebangsaan yang tinggi. (DED)

Share

Advertorial

Advertisement