Skip to content Skip to navigation

VANDA SARUNDAJANG : GERAKAN BISA KEMENPAREKRAF DAPAT MEMULIHKAN PARIWISATA DI SULAWESI UTARA

Gerejani Dot Com - Vanda Sarundajang anggota Komisi X DPR RI asal Sulawesi Utara, kemarin (Rabu, 4 November 2020) bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, melakukan kegiatan Program Gerakan BISA (Bersih, Indah, Sehat, Aman) di Cagar Budaya Waruga Desa Sawangan, Waruga Airmadidi Bawah dan Mata Air Tumatenden di Kab. Minahasa Utara, upaya pemerintah memulihkan pariwisata nasional.

Berdasarkan keterangan laman kemenparekraf.go.id, disebutkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menggelar Gerakan Bersih Indah Sehat dan Aman (BISA) dan Gerakan Pakai Masker (GPM) di sejumlah destinasi wisata tanah air.

 

Kemenparekraf menjalankan Gerakan BISA, program semacam padat karya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang melibatkan para pelaku usaha parekraf dan masyarakat terdampak COVID-19 di sekitar destinasi wisata. Gerakan ini sekaligus untuk mempersiapkan destinasi wisata agar memenuhi prinsip sanitasi dan higienitas yang baik agar lebih menarik bagi wisatawan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Cagar Budaya Waruga Desa Sawangan, Waruga Airmadidi Bawah dan Mata Air Tumatenden di Kab. Minahasa Utara, menjadi salah satu destinasi wisata pelaksanaan Gerakan BISA.

“Pemanfaatan Cagar Budaya sebagai objek pariwisata merupakan salah satu misi dalam melaksanakan pelestarian cagar budaya sesuai dengan Undang-undang  nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya, selain tentunya pemanfaatan cagar budaya untuk kepentingan agama, sosial, pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan” ujar Vanda dalam laman FB nya.

 

Cagar Budaya yang menjadi pariwisata memiliki keunikan dibandingkan wisata alam atau yang lainnya. Sifat dari cagar budaya yang rentan, rapuh dan tua, namun aspek intrinsik dari cagar budaya tetap menjadi potensi yang menarik dan bermanfaat untuk dikembangkan menjadi pariwisata berbasis cagar budaya, jelas Vanda.

“Semoga makin banyak wisatawan yang melirik cagar budaya Waruga di Kab. Minut sebagai salah satu pilihan destinasi wisata” lanjut tulis Vanda.

 

Vasung mengemukakan bahwa Gerakan BISA dapat memulihkan sektor pariwisata di Sulawesi Utara, demikian disampaikan Vasung dalam suluttimes.com.

Lebih lanjut perempuan yang akrab disapa Vasung, putri dari mantan Gubernur Sulawesi Utara, Dr Sinyo Harry Sarundajang, menjelaskan bahwa kegiatan Gerakan BISA yang dilakukannya di Cagar Budaya Waruga, termasuk diantaranya aksi bersih-bersih taman Cagar Budaya, turut melibatkan Kwarda Gerakan Pramuka Sulawesi Utara, Kwarcab Gerakan Pramuka Kab. Minahasa Utara, dan masyarakat setempat. (DPT)

Advertorial

Advertisement