Skip to content Skip to navigation

TRAGIS, PERAYAAN 'WORLD INTERFAITH HARMONY WEEK' DINODAI AKSI BRUTAL DI GEREJA ST.LIDWINA JOGJAKARTA

Hari ini Minggu 11 Februari 2018, setelah beberapa hari sebelumnya ratusan para tokoh dan pemuka agama berkumpul melakukan Musyawarah Besar Pemuka Agama se-Indonesia, bertempat dI Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta. Musyawarah telah berakhir kemarin Sabtu (10 Februari 2018), ditandai dengan pertemuan bersama Presiden RI Joko Widodo di Istana Bogor, musyawarah menghasilkan sejumlah rekomendasi.
 
"Saya amat bersyukur dan mengapresiasi setinggi-tingginya atas rumusan tersebut," ujar Menteri Agama mensikapi rumusan hasil akhir Musyawarah Besar Pemuka Agama se-Indonesia, setelah kemarin Sabtu mendampingi Presiden RI Joko Widodo menerima para pemuka agama di Istana Bogor. Lebih lanjut Menag Lukman menjelaskan bahwa "Rumusan etika tersebut yang dirumuskan sendiri oleh para pemuka agama amat penting untuk ditaati oleh setiap umat beragama dalam menjalani kehidupan kemasyarakatan di tengah kemajemukan kita".
 
Berikut ini enam rumusan Pandangan dan Sikap Umat Beragama tentang Etika Kerukunan Antar Umat Beragama:
 
  1. Setiap pemeluk agama memandang pemeluk agama lain sebagai sesama makhluk ciptaan Tuhan dan saudara sebangsa.
  2. Setiap pemeluk agama memperlakukan pemeluk agama lain dengan niat dan sikap baik, empati, penuh kasih sayang, dan sikap saling menghormati.
  3. Setiap pemeluk agama bersama pemeluk agama lain mengembangkan dialog dan kerjasama kemanusiaan untuk kemajuan bangsa.
  4. Setiap pemeluk agama tidak memandang agama orang lain dari sudut pandangnya sendiri dan tidak mencampuri urusan internal agama lain.
  5. Setiap pemeluk agama menerima dan menghormati persamaan dan perbedaan masing-masing agama dan tidak mencampuri wilayah doktrin/akidah/keyakinan dan praktik peribadatan agama lain.
  6. Setiap pemeluk agama berkomitmen bahwa kerukunan antar umat beragama tidak menghalangi penyiaran agama, dan penyiaran agama tidak menggangu kerukunan antar umat beragama.

Kegiatan pertemuan para tokoh dan pemuka agama tidak berakhir pada hari Sabtu kemarin, Kantor Utusan Khusus Presiden RI untuk Diaog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban pagi tadi melakukan Puncak Perayaan Agenda Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bertajuk World Interfaith Harmony Wee. Perayaan yang diadakan di Jakarta Convention Center, dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, dan para peserta Musyawarah Besar Pemuka Agama se-Indonesia. Turut memeriahkan perayaan tersebut sejumlah artis top ibukota seperti Judika, Citra Scholastika, Dwiki Dharmawan, dan artis lainnya.

Perayaan yang bernafaskan kerukunan antar umat beragama, ternyata tragis dinodai oleh peristiwa berdarah. Terjadi aksi brutal seorang pemuda dengan pedang digenggamnya, terjadi didalam Gereja Katholik St. Lidwina Bedog Sleman Jogjakarta. Aksi brutal tersebut melukai sejumlah orang termasuk Pastur Rm Prier yang saat itu sedang memimpin misa. Akibat aksi brutal tersebut melukai sejumlah jemaat, pihak kepolisian yang sigap mengatasi situasi, akhirnya berhasil melumpuhkan pelaku aksi brutal tersebut. Polisi hingga kini masih memeriksa peristiwa tersebut. (DPT)

 

Advertisement