Skip to content Skip to navigation

SYED SADDIQ MENTERI PEMUDA DAN OLAHRAGA, MENTERI MALAYSIA TERMUDA

Menteri Belia dan Sukan (Pemuda dan Olahraga) Malaysia yang baru, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, punya komentar tersendiri usai dilantik menjadi menteri termuda dalam sejarah Malaysia.

Syed Saddiq dilantik menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga ke-18 pada Senin (2/7) pagi waktu setempat. Dia menjadi salah satu dari 13 menteri jajaran kabinet Perdana Menteri (PM) Mahathir Mohamad yang dilantik di hadapan Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V di Istana Negara, demikian diberitakan detik.com.

Politikus muda yang baru berusia 25 tahun (kelahiran 6 Desember 1992) ini mencetak sejarah sebagai menteri termuda dalam sejarah Malaysia. Syed Saddiq selama ini memimpin sayap pemuda Partai Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM) yang dikomandoi Mahathir.

Syed Saddiq menyatakan pemerintahan Malaysia bertekad untuk menjadikan kaum muda sebagai fokus dalam agenda pembangunan negara.

"Pemerintahan ini meyakini bahwa kaum muda seharusnya menjadi salah satu pihak yang menentukan arah dan masa depan mereka sendiri," ucap Syed Saddiq dalam pernyataan resmi pertamanya usai menjadi anggota kabinet pemerintahan Mahathir.

Dituturkan Syed Saddiq, pemerintahan saat ini akan memperhatikan suara-suara kaum muda yang telah membantu koalisi pimpinan Mahathir memenangkan pemilu 9 Mei. Dia juga menyatakan pemerintahan akan memperluas kebijakan untuk mempromosikan inklusivitas dan meritokrasi.

Syed Saddiq merupakan sarjana hukum dari Universitas Islam Internasional Malaysia. Beberapa waktu lalu, dia menjadi pemberitaan karena menolak tawaran beasiswa dari Universitas Oxford untuk pendidikan S2 jurusan Kebijakan Publik. Saat menolak beasiswa itu pada Oktober 2017, Syed Saddiq mengaku ingin tetap aktif di dunia politik dan melanjutkan karier politik di PPBM. Dia juga disebut ingin aktif melawan korupsi di Malaysia.

Malaysia kini memiliki Syed Saddiq Menteri Pemuda dan Olahraga, sebagai Menteri yang termuda, namun ternyata Uni Emirat Arab (UEA) lebih dulu mempunyai Menteri yang juga berusia 20 an tahun, yakni Shamma Faris Al Mazrui.

Pada tahun 2016 lalu, Shamma saat itu berusia 22 tahun, diangkat sebagai Menteri Urusan Pemuda oleh Perdana Menteri Mohammed bin Rashid Al Maktoum, dan belum lama ini Guinness of World Records 2018, baru saja mencatat Sosok Shamma bin Suhail bin Faris Al Mazrui perempuan berhijab, sebagai menteri termuda di dunia. (DPT)

Advertisement