Skip to content Skip to navigation

SERIRAMA BUTARBUTAR KETUA LAUNCHING BERSAMA WAGUBSU NURHAJIZAH MARPAUNG, SHEPARD SUPIT DAN SAE NABABAN RESMI ME-LAUNCHING PASKAH NASIONAL KAWASAN DANAU TOBA 2018

Perayaan Paskah Nasional Tahun 2018 di Tano Batak bertempat di Kawasan Geopark Danau Toba, malam tadi (Senin 5 Februari 2018) telah resmi di-launching secara bersama oleh Ketua Launching Dr. Serirama Butarbutar, Ketua Panitia Paskah Hj. Nurhajizah Marpaung (Wakil Gubernur Sumatera Utara), Ephorus (Em) Dr. SAE Nababan, dan Ketua Lembaga Paskah Nasional Pdt. Dr. Shepard Supit. Bertempat di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata Jakarta.

Perayaan Paskah Nasional 2018 dikawasan Danau Toba, yang juga dimaksudkan dalam rangka memperingati 100 tahun penginjilan Nommensen, akan diawali dengan Kirab/Pawai Obor Paskah yang dimulai dari kawasan Danau Tondano Sulawesi Utara, melewati sekitar 25 daerah hingga masuk kekawasan Danau Toba, dan diperkirakan menempuh waktu 40 hari lamanya. Kegiatan perayaan direncanakan akan diisi dengan berbagai aktivitas, seperti seminar, kunjungan ekumenikal, aneka perlombaan, dan banyak lainnya. Perayaan Paskah Nasional 2018 dengan tema sentral 'Karya Terbesar' (Yoh 3:16) dengan subtema Merawat Keutuhan Ciptaan Tuhan, diharapkan nantinya akan dihadiri oleh ribuan masyarakat Sumatera Utara, khususnya yang berada dikawasan Danau Toba.

Dihadiri sekitar 400 an orang tamu dan undangan, acara launching diawali dengan Ibadah Syukur yang dipandu oleh Liturgos Pdt Haposan Sianturi, dengan penyampai refleksi firman Tuhan Ephorus (Em) Pdt. Dr. SAE Nababan. Proses launching dimeriahkan dengan penampilan gerak tari anak-anak sekolah minggu HKBP, paduan suara, artis ibukota Maya Rumantir, dan iringan musik gondang. Hadir sejumlah perwakilan dari Kepala Daerah yang berada dikawasan Danau Toba, Pembimas Kristen DKI Jakarta Lisa Mulyati, perwakilan Menko Maritim, perwakilan Menteri Pariwisata, perwakilan Menteri Agama, sejumlah Tokoh Batak seperti Amir L. Sirait, HP Panggabean, Alex M. Paath, Pasti Tampubolon, aktivis organisasi kristen seperti GAMKI, PGIW DKI Jakarta, dan lain sebagainya.

"Kesempatan ini (Paskah Nasional) momen Sumatera Utara, khususnya kawasan Danau Toba mendapat kehormatan tempat penyelenggaraan perayaan Paskah Nasional, yang nanti akan dihadiri oleh Presiden atau Wapres, setelah tahun lalu diadakan di Manado. Tema Paskah tahun ini 'Karya Terbesar' untuk kita saling bahu membahu, seluruh masyarakat Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Lintas Agama, Insya Allah kepanitiaan lintas agama membuktikan bahwa masyarakat Sumatera Utara telah terbukti mengimplementasikan semboyan Bhinneka Tunggal Ika." demikian sepenggal sambutan Ketua Panitia Paskah Hj. Nurhajizah Marpaung yang juga Wakil Gubernur Sumatera Utara.

Sementara Ketua Panitia Launching Dr. Serirama Butarbutar mengutarakan maksud dari diadakannya perayaan Paskah Nasional 2018 di Kawasan Danau Toba, "Paskah Nasional di Tano Batak juga bertujuan mempromosikan pariwisata Danau Toba yang telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai salah satu dari 10 Destinasi Pariwisata Nasional". (DPT)

Advertisement