Skip to content Skip to navigation

SABAM SIRAIT GELAR SOSIALISASI 4 PILAR KEBANGSAAN MPR

Jelang peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan, Anggota DPD Daerah Pemilihan DKI Jakarta Sabam Sirait, menggelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan MPR. Kegiatan sosialisasi diadakan hari ini Jumat 27 Juli 2018, bertempat diruang pertemuan Yayasan Komunikasi Indonesia (YKI) Jl. Matraman Raya No. 10 Jakarta Timur.

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan MPR, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, disampaikan oleh Iwan Adi Purwana Siswo seorang penulis, dan dr. Merphin Panjaitan pengamat politik. Sabam Sirait yang sedianya hadir menjadi pembicara kunci, berdasarkan informasi panitia, berhalangan hadir dikarenakan sesuatu hal. Sosialisasi dilakukan siang hingga sore hari, dihadiri sekitar 150 orang warga masyarakat, termasuk pemuda dan mahasiswa.

Iwan Siswo menyampaikan kilasan sejarah munculnya konsepsi 4 pilar kebangsaan, yang pada periode Ketua MPR RI Taufik Kiemas, konsepsi tersebut dijadikan program nasional yang harus terus disosialisasikan ke berbagai elemen masyarakat.

Iwan dalam paparannya menyatakan bahwa "4 Pilar telah terbukti mampu mempersatukan Indonesia yang begitu luas dan beragam". Iwan juga menyatakan, bahwa kita perlu berterima kasih kepada para pemimpin tokoh bangsa, yang telah menjaga 4 pilar kebangsaan. "Kita perlu berterima kasih kepada para pemimpin tokoh bangsa kita, mereka telah menjaga 4 pilar kebangsaan, yah termasuk juga Pak Sabam Sirait DPD kita, yang juga Anggota MPR".

Sementara Merphin Panjaitan sebagai akademisi yang juga pengamat politik, mengemukakan bahwa kondisi Indonesia hingga saat ini, masih belum terwujud cita-cita "Masyarakat yang Adil dan Makmur". Dikatakan Merphin, bahwa pembangunan dan perubahan sudah banyak terjadi, namun 'adil dan makmur' masih harus terus diupayakan. Merphin menyebutkan salah satu perubahan yang telah dirasakan masyarakat, yakni hadirnya BPJS.

"Sekarang dengan BPJS, masyarakat bisa mendapatkan layanan kesehatan dengan gratis, karena negara yang membiayai" ujar Merphin. (DPT)

Advertisement