Skip to content Skip to navigation

PT. Raja Ampat Enterprises Resmi jadi BUMD R4

Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE, Rabu (23/11/2016), menunjuk PT. Raja Ampat Enterprises, menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Raja Ampat.

Menurutnya, pergantian dalam BUMD Raja Ampat, dari sebelumnya PT. Makmur Madani menjadi PT. Raja Ampat Enterprises, karena membutuhkan badan usaha milik daerah yang sasarannya bergerak dalam usaha pariwisata dan penanaman modal.

“Kedepan, saya sudah rencanakan tidak akan lagi menjual tanah untuk para investor yang ingin mendirikan usahanya, namun investasi dalam bentuk saham,” ujarnya.

Ia mengaku sejumlah investor asal Singapura dan Hongkong, setuju dengan rencana tersebut. Model investasi bukan hanya pemda dengan pihak investor, namun juga dengan masyarakat sebagai pemilik tanah.

“Diharapkan akan berbentuk investasi penggunaan lahan, bukan lagi kepemilikan. Rasio-nya berbentuk 2:3, dimana 2 ini adalah 1 BUMD, 1 masyarakat pemilik lahan, dan 3 adalah investor,” paparnya sembari menambahkan BUMD akan memberi profit sharing dengan pemda sebagai pemasukan dalam PAD.

Atas persetujuan DPRD, Bupati Raja Ampat dan Direktur Utama PT Raja Ampat Enterprises, Johan Edward Tampubolon, menandatangani akta notaris.

PT Raja Ampat Enterprises memiliki 7 anak perusahan, yakni PT Raja Ampat enterprises Wisata Lestari, PT Raja Ampat enterprises Energi Swadaya, PT Raja Ampat enterprises Agro Makmur, PT Raja Ampat enterprises Mina utama, PT Raja Ampat enterprises Logistik persada, PT Raja Ampat enterprises Properti persada, PT Raja Ampat enterprises Potensi Jaya. Ketujuh anak perusahan ini masing-masing mengurus bidang dan usaha milik pemda kabupaten Raja Ampat. (mediapapua)

Advertisement