Advertisement

PKPU No 15 Tahun 2013 : Zonasi ditingkat RW

Dahlia Umar sebagai Koordinator Pokja Kampanye KPU DKI Jakarta, menyatakan bahwa sistem zonasi yang diatur dalam aturan baru PKPU No 15 Tahun 2013, adalah berada ditingkat Rukun Warga, artinya peserta pemilu (parpol, calon DPD dan caleg DPRD) boleh memasang alat peraga dilingkup wilayah Rukun Warga.

Penjelasan Dahlia tersebut disampaikan dalam kegaitan Sosialisasi Tatacara Kampanye dan Persiapan Penetapan DPT yang diadakan KPU DKI Jakarta, siang tadi (9 September 2013) di Hotel Acacia, hadir dalam kegiatan tersebut unsur caleg DPRD, calon DPD, parpol, jajaran KPU Kabupaten/Kota, dan jajaran pengawas pemilu se-DKI Jakarta.

Saat ini dengan masih maraknya pemasangan alat peraga dan kegiatan kampanye yang tidak sesuai dengan PKPU No 15 Tahun 2013, KPU DKI Jakarta memberi kesempatan kepada peserta pemilu untuk menertibkan dan membersihkan secara kesadaran berbagai alat peraga yang masih terpasang.

Sementara itu menurut sejumlah pengurus parpol, seperti M. Taufik Ketua Gerindra DKI Jakarta, diharapkan KPU dan Bawaslu DKI Jakarta agar dapat merumuskan lebih detil dan jelas aturan main kampanye sehubungan dengan aturan baru PKPU No 15 Tahun 2013, agar tidak multitafsir dan interpretasi dari peserta pemilu, dan diharapkan Pemda melalui Kesbangpol dapat lebih mendukung KPU dan Bawaslu dalam pelaksanaan berbagai kegiatan sosialisasi pemilu. (DPT)

Advertisement