Skip to content Skip to navigation

PEACE TRAIN INDONESIA, BERTUALANG DENGAN KERETA API BELAJAR HIDUP PERDAMAIAN

Sekelompok orang muda dengan keprihatinan terhadap makin maraknya, berbagai perilaku dan tindakan bernuansa radikalisme dan intoleransi, serta sudah menimbulkan kerugian maupun korban, dicetuskannyalah suatu gerakan untuk mengedukasi dan sosialisasi hidup berdamai, khususnya bagi komunitas orang muda, yakni Peace Train.

Frangky Tampubolon penggagas Peace Train Indonesia, dalam keterangannya kepada Gerejani Dot Com pagi tadi, mengemukakan bahwa kegiatan Peace Train adalah program travelling pemuda lintas agama untuk mengkampanyekan perdamaian. Peserta Peace Train kali ini berasal dari Sorong, Banjarmasin, Salatiga, Bandung, Riau, Medan, Makasar, Malang, Cirebon, Lamongan, Sidoarjo, Jabodetabek, dll.

Sesuai namanya, Peace Train adalah program traveling pemuda lintas iman dengan menggunakan kereta api, menuju ke satu kota yang telah ditentukan. Duapuluh lima orang peserta dari berbagai agama dan kepercayaan, akan berjalan bersama mengunjungi komunitas agama-agama, komunitas penggerak perdamaian, rumah-rumah ibadah, dan tokoh-tokoh yang dianggap sebagai aktor penting toleransi dan perdamaian antar agama.

"Mereka juga akan berproses untuk saling belajar, bekerja bersama, mengelola perbedaan, dan menuliskan pengalaman perjumpaan. Program ini diorientasikan untuk menjadi program reguler sehingga akan mengeksplorasi sebanyak mungkin kota di Indonesia yang bisa dijangkau lewat kereta, dan melibatkan sebanyak mungkin komunitas muda lintas agama" urai pria yang juga pernah menjadi Ketua Departemen Pemuda dan Remaja MPH PGI.

Panitia Peace Train Indonesia sore hari ini (Jumat 3 November 2017) jam 18.30 WIB, akan melepas Tim Peserta Peace Train 2, yang akan melakukan perjalanan menuju Surabaya.

Rombongan Peace Train Indonesia 2 akan berangkat dari Stasiun Gambir hari ini Jumat 3 November 2017 jam 18.30 Wib, bertempat di VIP Room Stasiun Gambir, panitia akan melakukan seremoni pelepasan dengan rangkaian acara sebagai berikut :
1. Pembukaaan
2. Sambutan-sambutan
- Koord. Panitia
- Romo Hariyanto
- Kepala Stasiun Gambir
3. Testimoni peserta Peace Terain 1
4. Pelepasan dan Pesan Perdamaian Bersama Peserta Peace Train 2. Oleh: Bung Michael Wattimena (Ketua Umum GAMKI)
5. Doa: Pdt Eka Puimera (MS GPIB) dan Uung Sendana (Ketua Umum MATAKIN). (DPT)

Advertisement