Skip to content Skip to navigation

OK OCE GERAKAN KEWIRAUSAHAAN, TERLEPAS DARI POLITIK PRAKTIS

RILIS MEDIA PERNYATAAN AWAL TAHUN BARU 2019 PERKUMPULAN GERAKAN OK OCE INDONESIA

“OK OCE - GERAKAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT INDONESIA”

Bersama ini kami selaku pengurus Perkumpulan Gerakan OK OCE (PGO) Indonesia, masih dalam suasana Tahun Baru 2019, kami mengucapkan "Selamat Tahun Baru" untuk masyarakat Indonesia.

Kami bersyukur pada 2018 yang baru lalu, untuk kebersamaan dengan berbagai komunitas, maupun elemen kemasyarakatan lainnya diberbagai daerah, dalam rangka komitmen mencetak praktisi/pelaku wirausaha untuk membantu pemerintah mengatasi masalah pengangguran, dan demi lebih mendorong kehiduan masyarakat yang lebih sejahtera, adil, dan makmur.

Kami selaku pengurus PGO, bersama ini menyampaikan terima kasih atas apresiasi, dan berbagai respon terhadap keberadaan gerakan kewirausahaan OK OCE Indonesia, yang secara publik telah diberlakukan di DKI Jakarta pasca Pilkada tahun 2017.

Kami menyambut baik perkembangan pelaksanaan gerakan kewirausahaan OK OCE di DKI Jakarta, baik dalam konteks membuka lapangan kerja, mencetak praktisi usaha/pelaku wirausaha, maupun mengatasi pengangguran.

Berdasarkan data BPS DKI Jakarta, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Jakarta menurun 0,90 poin dibandingkan tahun sebelumnya, yakni Agustus 2017-Agustus 2018. Pada Agustus 2018, TPT DKI Jakarta mencapai angka 6,24 persen. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta Ir. Thoman Pardosi SE, M.Si, menyebutkan data tersebut menunjukkan bahwa lapangan kerja di Ibu Kota semakin banyak menyerap tenaga kerja. Hal ini juga dibuktikan dengan tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) Jakarta yang mengalami peningkatan 1,98 poin ke angka 63,95 persen.

Kepala DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Provinsi DKI Jakarta Edy Junaedi mengemukakan, bahwa sampai dengan awal September 2018, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta melalui Unit Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu (UP PTSP) Kelurahan telah menerbitkan 1.161 IUMK dengan total nilai investasi yang tercatat sebesar Rp 25,8 miliar dan jumlah lapangan kerja yang diciptakan sebanyak 2.337 tenaga kerja. Dari total 1.161 IUMK yang telah diterbitkan tersebut, sebanyak 52,4% atau 608 IUMK merupakan Usaha Mikro dan Kecil yang tergabung dalam Perkumpulan Gerakan OK OCE (One Kecamatan, One Centre for Entrepreneurship).

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan DKI Jakarta Irwandi, mengemukakan pada 2018, terjadi kenaikan jumlah pedagang kaki lima (PKL) sebesar 12 persen menjadi 170.000 merupakan salah satu bentuk kesuksesan dari program OK OCE.

Komitmen PGO dalam mendukung upaya lebih mensejahterakan masyarakat, mengatasi masalah pengangguran, dan mencetak praktisi usaha/pelaku wirausaha, dengan dukungan puluhan komunitas penggerak kewirausahaan yang berhimpun, ataupun merupakan mitra PGO, saat ini sedang mempersiapkan gerakan kewirausahaan OK OCE secara nasional, dan ini lepas dari kepentingan politik praktis sesaat.

Respon maupun apresiasi berbagai komunitas yang telah mengikuti pelatihan OK OCE, menyambut baik gerakan kewirausahaan yang dijalankan OK OCE, bahkan hingga saat ini, semakin banyak komunitas masyarakat diberbagai daerah, menyatakan keinginannya untuk mengikuti pelatihan OK OCE.

OK OCE Prasasti sebagai penggerak OK OCE tingkat Kabupaten/Kota, yang dikoordinir oleh Koordinator Nasional R.H Victor Aritonang, yang juga Wakil Ketua Umum PGO, sekaligus pengusaha Ketua KADIN Jakarta Pusat, telah melakukan pelatihan kewirausahaan setidaknya di 10 Provinsi. Secara khusus misalkan masyarakat diwilayah Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur, telah banyak menyampaikan permintaan untuk mengikuti pelatihan kewirausahaan OK OCE.

Materi pelatihan yang diberikan selain membekali masyarakat untuk siap menjadi praktisi usaha/pelaku wirausaha, juga pendampingan dalam menjalankan usaha.

Para peserta pelatihan kewirausahaan OK OCE Prasasti, saat ini sedang didampingi untuk siap memulai usaha, sebut saja usaha budidaya lele, usaha kuliner, dan lain sebagainya.

Terlepas apapun nanti hasil Pemilu 2019 nanti, Sandiaga S. Uno sebagai pendiri gerakan kewirausahaan OK OCE, sekalipun dirinya merupakan Calon Wapres dari Capres Prabowo Subianto, menegaskan bahwa gerakan kewirausahaan OK OCE tetap akan terus berjalan, demikian rilis disampaikan oleh Wakil Ketua OK OCE Indonesia R.H Victor Aritonang, tokoh pengusaha Ketua KADIN Jakarta Pusat, yang sekaligus juga Koordinator Nasional OK OCE Prasasti. (DPT)

Advertisement