Skip to content Skip to navigation

NOVEMBER 2019, DILAKSANAKAN SEJUMLAH PERTEMUAN RAYA KEGEREJAAN

Bulan November 2019 nampaknya perlu dicatat secara khusus, dalam perjalanan sejarah kegerejaan di Indonesia, mengapa demikian?

Berdasarkan informasi yang diperoleh Gerejani Dot Com, pada November 2019 ini, berlangsung setidaknya 3 pertemuan besar lembaga kegerejaan.

Konferensi Waligereja Indonesia melaksanakan Sidang Tahunan KWI pada 4-14 November 2019, di Bumi Silih Asih, Gedung Pastoral Keuskupan Bandung.

Sidang Tahunan KWI 2019, mengusung tema "Persaudaraan Insani untuk Indonesia Damai",
diikuti seluruh Uskup se-Indonesia, serta 3 Uskup Emeritus. Sidang Tahunan dibuka resmi pada 4 November 2019, oleh Kardinal Ignatius Suharyo selaku Ketua KWI.

Sementara itu, pagi tadi (6 November 2019) hingga besok 7 November 2019, bertempat di Gereja Kristen Sumba (GKS) Jemaat Waibakul Sumba Tengah Nusa Tenggara Timur, berlangsung Sidang Majelis Pekerja Lengkap Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI).

Sidang MPL PGI 6-7 November 2019, sidang terakhir tahunan yang kelima. Sidang MPL PGI mengangkat tema “Aku adalah yang Awal dan yang Akhir”,
dengan sub tema “Bersama seluruh warga bangsa, Gereja memperkokoh NKRI yang demokratis, adil dan sejahtera bagi semua ciptaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945".

Perhelatan besar pertemuan gereja-gereja, pun digelar oleh World Evangelical Alliance (WEA), yakni megadakan General Assembly (Sidang Raya) WEA.

Sidang Raya WEA akan dimulai besok Kamis 7 November 2019, bertempat di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, berlangsung hingga 13 November 2019, direncanakan dibuka besok oleh Presiden RI.

Sidang Raya WEA mengangkat tema "Your Kingdom Come", akan dihadiri utusan organisasi kegerejaan injili dari 86 negara.

Tidak hanya itu, pertemuan besar kalangan gerejawi, dibulan November 2019 pun masih ada, yakni Sidang Raya PGI VIII, yakni yang akan dibuka resmi oleh Presiden RI.

Sidang Raya PGI berlangsung di Waingapu NTT, nanti pada 8-13 November 2019. SR PGI mempunyai tema "Aku adalah yang Awal dan yang Akhir”. (DPT)

Advertorial

Advertisement