Skip to content Skip to navigation

KOORDA OK OCE PRASASTI PROV YOGYAKARTA ENDAR BUDI SETYONO, MEMBANGUN USAHA DENGAN SILATURAHMI DAN PERTEMANAN

Pelatihan kewirausahaan OK OCE Prasasti hadir di Kota Pelajar Yogyakarta, Sabtu 16 November 2018 siang hingga sore, bertempat di Cengkir Heritage Resto and Coffee, daerah Sumberan Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Diikuti oleh sekitar 150 orang terdiri dari pelaku usaha kecil, mahasiswa, dan komunitas emak-emak.

Pelatihan kewirausahaa. OK OCE Prasasti di Yogyakarta, menghadirkan narasumber Indra Cahya Uno, Ph.D; praktisi usaha, akademisi, juga kakak kandung Sandiaga Salahuddin Uno, Calon Wakil Presiden untuk Pilpres 2019. Selain Indra C. Uno, juga hadir Sekjen Perkumpulan Gerakan OK OCE Zulfiqar Pratikna, Diantri Priscilla, kader penggerak OK OCE; Rully Mardjono dan Rifqi Samullah trainer nasional OK OCE. Selain narasumber, turut hadir Koordinator Nasional OK OCE Prasasti R.H Victor Aritonang.

Endar Budi Setyono, ST, MM Koordinator Daerah OK OCE Prasasti Provinsi DIY, yang juga pengusaha sejumlah resto dan bisnis kuliner, salah satu diantaranya Cengkir Heritage Resto and Coffee tempat kegiatan pelatihan OK OCE Prasasti, menyampaikan paparan menceritakan proses jatuh bangunnya dalam membangun usaha.

Endar mengemukakan tips dirinya dalam membangun usaha, yakni menerapkan strategi silaturahmi, jejaring pertemanan, dan tidak takut jatuh bangun.

"Saya sebelum mendirikan restoran ini, sudah pernah bisnis transportasi wisata, tour and travel, ticketing, dan ternak lele, tapi karena silaturahmi dan pertemanan, akhirnya dengan beberapa teman, kami berlima mendirikan restoran ini. Nama 'Cengkir' kami pilih bukan tanpa maksud. 'Cengkir' itu berarti Kenceng Berpikir, kami mendirikan restoran ini setelah berpikir kenceng. Selain itu, 'Cengkir' juga berarti kelapa yang tidak tua, juga tidak muda" demikian ungkap pria yang juga pimpinan partai koalisi yang mendukung pasangan calon Pilpres Prabowo Subianto - Sandiaga S. Uno.

Diantri yang sebelumnya seorang profesional perbankan, kini menjadi pengusaha, menjelaskan tentang proses pelatihan dan pembinaan dalam lingkup Gerakan OK OCE. Diantri mengemukakan bahwa "Di OK OCE ini, tidak hanya melaksanakan pelatihan, tapi juga ada coach dan pendamping yang stand by membantu".

Sekjen Perkumpulan Gerakan OK OCE, Zulfiqar Pratikna juga pelaku usaha, memulai bisnis dari bawah, dengan bisnis gerobakan. Zulfiqar berdasarkan pengalaman hidupnya, membagikan

5 tips sukses berusaha, yakni : niat, ilmu, karakter/sifat/sikap, lingkungan yang kondusif (internal dan eksternal), dan doa serta ridho ilahi.

Pendiri dan juga motivator utama OK OCE, Indra C. Uno, memotivasi peserta pelatihan agar tergerak untuk menjadi wirausaha. "Dengan memiliki usaha, kita sudah menekan angka pengangguran, yakni setidaknya tersedianya lapangan kerja untuk diri sendiri. Ketika usaha berkembang, lalu membutuhkan tambahan pekerja, kita sudah menjadi solusi mengurangi angka pengangguran" gugah Indra.

Indra Uno yang juga pendiri Mien R. Uno Foundation (MRUF), mengungkapkan bahwa selain OK OCE, ada program khusus pemberian beasiswa usaha bagi mahasiswa, yakni program yang bernamakan Program MRUF - ENVOY (Entrepreneur Development
Scholarship for Youth). Indra turut mengundang sejumlah alumni program ENVOY, yakni Yudi, Ganjar, dan Bela, dan dan aeorang Coach ENVOY Bu Endang.

Sementara itu para trainer nasional OK OCE, secara bergantian menyampaikan sejumlah motivasi yang menekankan kesiapan mental, karakter, silaturahmi, ikhtiar, dan ikhlas, serta pasrah dalam doa pada Sang Ilahi. (DPT)

Advertisement