Skip to content Skip to navigation

KLIKGO APLIKASI MEMADUKAN LAYANAN ONLINE DAN MEDIA SOSIAL

Pemanfaatan teknologi 4.0 untuk membantu pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat, kini kian marak dengan banyaknya alternatif aplikasi berbasis online, seperti aplikasi moda transportasi dan toko online.

Masyarakat sudah mahfum dan gandrung dengan berbagai aplikasi tersebut, namun bagaimana bila ada aplikasi yang memuat sejumlah menu layanan kebutuhan sehari-hari, sehingga tidak perlu lagi memerlukan sejumlah aplikasi? Tentu aplikasi tersebut akan memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan yang diperlukan, belum lagi dapat menghemat kapasitas memori telpon selular/gawai.

PT. Raffy Pratama Mandiri yang dipimpin Direktur Utama Yayan Sofyan, generasi milenial putra Sunda, telah melahirkan "klikGO" pada Agustus 2018. Aplikasi klikGO yang sudah dapat diakses melalui Google Playstore, memadukan produk layanan dengan jejaring media sosial. "KlikGO ini benar-benar buatan anak bangsa" ujar Yayan.

Masyarakat pengguna klikGO tidak hanya memanfaatkan produk layanan, yang tersedia sebanyak 212 jenis produk layanan, tetapi juga disediakan sarana media sosial untuk interaksi pengguna aplikasi dengan admin, dan juga interaksi antar pengguna aplikasi.

Yayan selaku Dirut klikGO, dengan didampingi Surya Putra Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Transportasi Online Indonesia (APTRINDO), Ika Sinaga dari LPGPB (Lembaga Pemberdayaan Generasi Penerus Bangsa), pembina Kewirausahaan, Koperasi, dan UMKM Dewi Motik, dan Kepala Subdit Angkutan Perkotaan Direktorat Angkutan Jalan Kemehub Renhard Ronald, bertempat di Hotel Media & Tower Jakarta Pusat, pada 25 April 2019, secara resmi meluncurkan dan memperkenalkan klikGO kepada media.

Layanan klikGO ini merupakan aplikasi pertama di Indonesia yang menggabungkan konsep bisnis jasa layanan berbasis aplikasi dan media sosial sebagai sarana komunikasi antar pengguna. Layanan ini dihadirkan untuk mengakomodir layanan kebutuhan masyarakat banyak yang mayoritasnya merupakan pengguna media sosial.

Yayan menjelaskan bahwa 212 layanan yang tersedia, merupakan hasil riset terhadap kebutuhan riil masyarakat. Lebih lanjut Yayan mengemukakan bahwa, "Klik Go, tidak sekedar aplikasi transportasi, tetapi juga berisikan jejaring media sosial, agar para pengguna dapat langsung berinteraksi tentang berbagai kebutuhan layanan, pengalaman menggunakan layanan aplikasi, interaksi antar pengguna, bahkan hingga memberikan apresiasi aktivitas media sosial, berupa pemberian poin (bernilai rupiah tertentu) secara reguler untuk pengguna yang aktif dalam media sosial Klik Go".

KlikGO mempunyai kebijakan untuk mitra, hanya dengan 1 akun dapat digunakan untuk sejumlah produk layanan, misal layanan ojek motor dan taksi online, layanan transportasi berbarengan dengan layanan laundry, dan sebagainya.

Sementara mengenai penyedia produk yang dijual, pengadaan barang-barang tersebut disediakan klikGO, langsung bermitra dengan jaringan koperasi.

Yayan berkeyakinan bahwa klikGO akan diterima masyarakat, dan tidak memandang aplikasi-aplikasi yang sudah lebih dulu ada sebagai pesaing, karena klikGO berbeda. (DPT)

Advertisement