Skip to content Skip to navigation

KETUA UMUM PP GMKI KORNELES : OKP MASUK KAMPUS MEMERANGI GERAKAN INTOLERANSI DAN RADIKALISME

Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia malam tadi, Rabu 31 Oktober 2018, bertepatan dengan Hari Reformasi Gereja, mengadakan Ibadah Peneguhan dan Serah Terima Kepengurusan Pengurus Pusat GMKI, dengan pelayan firman disampaikan oleh Pdt. Saut Sirait.

Berlokasi di gereja HKBP Kernolong Jakarta Pusat, kepengurusan PP GMKI masa bakti 2016-2018 dibawah kepemimpinan Ketua Umum Sahat M. P Sinurat, dan Sekretaris Umum Alan Christian Singkali, telah meneruskan kepemimpnan kepada kepengurusan yang baru masa bakti 2018-2020, dibawah kepemimpinan Ketua Umum Korneles Galanjinjinay, dan Sekretaris Umum David V H Sitorus.

Turut hadir bersama sekitar 200 orang, sejumlah tokoh senior GMKI, dan undangan kehormatan, seperti Ketua Umum PGI Pdt Henriette Hutabarat-Lebang, Ketua BKS PGI-GMKI Rahmat Waluyanto, Ketua Umum PIKI Baktinendra Prawiro, mantan Ketua Umum PP GMKI Robert Sitorus, mantan Ketua Umum GAMKI Sahat Sinaga, dan sejumlah pimpinan OKP Kelompok Cipayung plus, seperti PMII, PMKRI, IMM, KAMMI, dan lainnya.

Ketua Umum PP GMKI yang baru, biasa disapa Neles, dalam orasi pengukuhannya yang disampaikan tanpa teks, menungkapkan bahwa Menristekdikti telah mengeluarkan peraturan menteri, yang memberi ruang gerak bagi organisasi kemahasiswaan ekstra-universiteit, untuk kembali 'masuk' kampus, setelah sekian puluhan tahun mengalami pelarangan melalui peraturan NKK-BKK (Normalisasi Kehidupan Kampus/Badan Koordinasi Kemahasiswaan) era orde baru.

Permenristekdikti no 55 tahun 2018 tentang Pembinaan Ideologi Bangsa, diumumkan Menristekdikti Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak pada 29 Oktober 2018, salah satu ketentuannya adalah peran mahasiswa (intra maupun ekstra universiteit) dalam mengawal ideologi bangsa, Pancasila.

Selain menyinggung tentang komitmen GMKI, juga bersama organisasi kemahasiswaan lainnya, khususnya Kelompok Cipayung, siap melawan gerakan intoleransi dan radikalisme yang merebak dikampus, Neles juga menyampaikan tentang permasalahan aset organisasi yang sudah menjadi 'PR' berkepanjangan setiap kongres.

Pemilihan tempat di gereja, menurut Neles dimaksudkan agar GMKI dapat benar-benar berhubungan erat dan bersinergi dengan gereja sebagai medan layanan GMKI, selain perguruan tinggi dan masyarakat.

Berikut susunan kepengurusan PP GMKI masa bakti 2018-2020 :

Ketua Umum: Korneles Galanjinjinay
Sekretaris Umum: David V H Sitorus

Wasekum: Michael Anggi

Bendum: Nathalia F Mahuddin
Wabendum: Andrella Hutabarat

Kabid Org: Jefri Gultom
Sekfung Org: Alhendri Fara
Sekfung Litbang: Almara Dwi Putra

Kabid PKK: Johnson
Sekfung Kader: Mark Tallu
Sekfung Kerohanian: Advent Sagala

Kabid Akspel: EF Pranoto
Sekfung Gereja PT: Mathius Yaboisembut
Sekfung Masyarakat: Patricho Adoe

Kabid Medko: Benardo Sinambela
Sekfung Medko: Yosua Abib Mula

Kabid HI: Amos Lafu
Sekfung HI: Bryant Jonathan

Kabid Ekonomi Kreatif: David H Sirait
Sekfung Ekonomi Kreatif: Hubert Marpaung

Kabid Pemberdayaan Perempuan: Burju Silaban
Sekfung Pemberdayaan Perempuan: Yowanda

Korwil I: Gito Pardede
Korwil II: Renal Sibarani
Korwil III: David Marpaung
Korwil IV: Malfred Adi Lobo
Korwil V: Ridwan T
Korwil VI: Saiduani
Korwil VII: Melkianus suni
Korwil VIII: Pasa Maraya
Korwil IX: Kilyon
Korwil X: Hizkia Sembel
Korwil XI: Vembriano Lesnussa
Korwil XII: Dominggus Jitmau
Korwil XIII: Rimbun Purba
Korwil XIV: Kaleb Elevensi
Korwil XV: Yaret Cooling. (DPT)

Advertisement