Skip to content Skip to navigation

KETUA LPN PDT. DR. SHEPARD A. SUPIT DAN KETUA FK PKB PGI PNT. IR. ROY RORING, M.SI MELEPAS KIRAB OBOR PASKAH MENUJU DANAU TOBA

Kirab Obor Paskah Nasional tahun 2018 hari ini telah bergerak dari kawasan wisata Danau Tondano Minahasa Sulawesi Utara, setelah kemarin (Minggu 18 Maret 2018) secara resmi telah dilakukan pelepasan obor oleh Ketua Forum Komunikasi Pria Kaum Bapak Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia Pnt. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si. Prosesi pelepasan diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt. Zakharias Widodo Sekjen Sinode Am Gereja-gereja Sulut Sulteng Gorontalo(SAG Suluttenggo).
 
Kini Kirab Obor Paskah Nasional 2018 dari Sulawesi Utara akan bergerak selama 40 hari, melewati 26 kota, dari 19 Maret hingga 25 April. Kirab yang didukung dengan 3 unit mobil SUV, akan melewati Kota Tondano, Manado, Amurang, Gorontalo, Tentena, Palu, Toraja dan Makassar. Kemudian di Pulau Jawa, akan melintas di Kota Surabaya, Malang, Jogja, Bandung dan terakhir di Jakarta. Kemudian lanjut menyusuri Kota Merak, Bandar Lampung, Palembang, Jambi, Pekanbaru, Padang Sidempuan, Tarutung, Dolok Sanggul, Pangururan, Sidikalang, Salak, Kabanjahe, Medan, Pematang Siantar, Parapat dan terakhir di Kota Balige Danau Toba.
 
Seremoni pelepasan Obor Paskah Nasional 2018 Tano Batak Kawasan Danau Toba, dihadiri langsung oleh Ketua Lembaga Paskah Nasional Pdt. Dr. Shepard A. Supit, utusan Panitia Paskah Nasional seperti Teddy Matheos, Pdt. Audy Wuisang. Santiamer Silalahi, John Simamora, jajaran pemerintah daerah setempat, termasuk diantaranya Kapolres Minahasa AKBP Christ Pusung, dan didukung oleh Pemuda/Remaja SAG Suluttenggo yang diketuai Drs. Tenni Assa.
 
Ketika rombongan LPN dan Panitia Paskah Nasional menuju lokasi pelepasan obor dikawasan wisata Sumaru Endo (yang berarti menghadap matahari) di Kabupaten Minahasa, rombongan menyaksikan maraknya penyambutan Paskah oleh masyarakat Sulawesi Utara. Terlihat banyak terpasang salib disepanjang jalan dari Bandara Sam Ratulangi hingga kawasan wisata Danau Tondano.
 
Sementara itu Wakil Gubernur Sumatera Utara Hj. Nurhajizah Marpaung selaku Ketua Panitia Paskah Nasional, kian mengintensifkan persiapan perhelatan akbar Paskah Nasional dikawasan Danau Toba, yang dipusatkan di Balige Kabupaten Tobasa. Wagubsu akan melakukan pertemuan koordinasi Panitia Paskah Nasional besok Selasa 20 Maret 2018 di Pematang Siantar. Pertemuan koordinasi tersebut akan dihadiri juga oleh para pimpinan gereja-gereja se-Sumatera Utara dan para tokoh agama. (DPT)

Advertisement