Skip to content Skip to navigation

KETUA BAWASLU RI ABHAN MELANTIK 1914 KOMISIONER BAWASLU KAB-KOTA SE INDONESIA HARI INI

1914 orang Komisioner baru Pengawas Pemilu tingkat Kabupaten/Kota se-Indonesia, yang tadinya disebut Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), dan bersifat ad-hoc, kini sebagai konsekuensi UU No. 7 Tahun 2017, lembaga pengawas pemilu menjadi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan juga kini bersifat lembaga permanen untuk periode kerja 5 tahun, hari ini Rabu 15 Agustus 2018 bertempat di Hotel Birawa Jakarta Selatan, dilantik serentak oleh Ketua Bawaslu RI Abhan. 1914 orang Bawaslu Kabupaten/Kota yang dilantik, cukup berimbang komposisi perempuan dan laki-laki, juga berasal dari beragam latarbelakang kepercayaan, diantaranya Islam, Kristen Protestan, Katolik, dan Hindu.

Pelantikan para Komisioner pengawas pemilu, yang akan bertugas mengawasi pemilu bersamaan antara Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden-Wakil Presiden pada 17 April 2019, dihadiri juga oleh sejumlah pejabat negara, dan jajaran pimpinan lembaga terkait, seperti Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Mendagri Tjahjo Kumolo, Kabareskrim Komjen Ari Dono, Bawaslu Provinsi, KPU Provinsi, dan lain sebagainya.

Pantauan Gerejani Dot Com dilokasi pelantikan, selain ribuan orang yang memadati ruangan acara, diluar ruangan pun nampak ratusan orang yang turut menyaksikan kegiatan melalui layar lebar. Kegiatan yang menurut Ketua Bawaslu Abhan, adalah yang kali pertama diadakan.

Data yang disampaikan panitia tentang Komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota di DKI Jakarta, nampak sejumlah wajah lama, seperti Abdul Rouf, Syarifuddin, Ahmad Syarifudin Fajar, dan beberapa lainnya. (DPT)

Advertisement