Skip to content Skip to navigation

KAMARUSAMMAD KETUA PRESIDIUM KAHMI TERPILIH, TREN KEPEMIMPINAN ORANG MUDA

Korps Alumni HMI sebagai organisasi kemasyarakatan, menghimpun alumni dari organisasi kemahasiswaan Himpunan Mahasiswa Islam; salah satu organisasi dari Kelompok Cipayung yang menggagas visi "Indonesia yang dicita-citakan" bersama GMKI, PMKRI, GMNI, dan PMII.

KAHMI sebagai organisasi dipimpin oleh presidium majelis nasional, untuk periode yang belum lama ini berakhir, yakni periode 2012-2017, Presidium Majelis Nasional KAHMI diketuai oleh Prof. Mahfud MD mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, sebagai hasil Kongres IX di Riau.

Kepengurusan Presidium Majelis Nasional yang dipimpin Prof Mahfud MD, tahun 2017 ini periodenya telah berakhir. Untuk itu telah digelar Kongres KAHMI di Medan Sumatera Utara. Kongres yang dimulai sejak Jumat 17 November 2017 dibuka resmi oleh Presiden Joko Widodo.

Murlan Tamba Ketua Umum Majelis Wilayah KAHMI Sumut, selaku tuan rumah Kongres, mengutarakan bahwa ada 28 orang calon Presidium yang akan memperebutkan hampir 400 suara dari Majelis Wilayah dan Majelis Daerah.

Proses pemungutan suara pun dimulai sejak sore hingga petang. "Tadinya 81 bakal calon, kemudian seleksi administrasi jadi 35, setelah itu di pansel, penyampaian visi misi, akhirnya jadi 28 yang akan akan divote menjadi sembilan presidium. Suara terbesar satu sampai sembilan itulah yang jadi presidium," ujar Murlan sebagaimana diberitakan Republika.co.id, Sabtu (18 November 2017).

Munas ke-10 KAHMI yang dibuka oleh Presiden Jokowi, Jumat (17 November 2017) kemarin lusa, berakhir hari ini Minggu (19 November 2017). Berdasarkan penelusuran Gerejani Dot Com, ternyata tidak hanya KAHMI yang melaksanakan Kongres, tetapi juga Forum Alumni HMI Wati (FORHATI) menggelar Kongres. Kedua kongres tersebut sama-sama dilaksanakan Hotel Santika Dyandra Premiere Medan Sumatera Utara.

Kedua kongres tersebut sama-sama pemilihannya berakhir pada hari Sabtu kemarin (18 November 2017).

Berikut hasil pemilihan Kongres KAHMI :

Presidium Korps Alumni HMI (KAHMI) Masa Bakti 2017-2022, Sembilan Orang Presidium Terpilih :

1. Kamarussamad 431 suara
2. Ade Komaruddin 421 suara
3. A. Riza Patria 365 suara
4. A. Dolly Kurnia 334 suara
5. Viva Yoga Mauladi 331 suara
6. Harry Azhar Azis 326 suara
7. R. Siti Zuhro 300 suara
8. Herman Khaeron 268 suara
9. Sigit Pamungkas 257 suara

Berdasarkan hasil pemilihan Presidium Majelis Nasional KAHMI, terpilih mantan Calon Ketua Umum DPP KNPI beberapa periode lalu, seorang pengusaha muda, Kamarusammad sebagai Ketua Presidium Majelis Nasional KAHMI.

Sedangkan hasil pemilihan Presidium FORHATI untuk masa Bakti 2017-2022, sebagai berikut :

Lima Orang Presidium Terpilih :
1. Hanifah Husein: 137 suara
2. Kiki Zakiah: 113 suara
3. Mukminati: 88 suara
4. Luli Barluni: 71 suara
5. Nunng Rodiyah: 64 suara

Kamarusammad yang akrab disapa Bang Samad, mengemukakan bahwa keterpilihan dirinya sebagai Ketua Presidium KAHMI, tidak lepas dari konsepsi yang disampaikannya mengenai kewirausahaan. "Terimakasih kepada keluarga besar KAHMI yang sudah memilih saya. Hal ini menunjukkan bahwa konsep kewirausahaan yang saya usung dapat diterima mayoritas keluarga besar KAHMI," ujar Bang Samad. Kamrussamad saat dirinya terpilih.

Bang Samad yang juga Ketua Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha KAHMI (HIPKA) mengatakan, konsep kewirausahaan yang dia usung menempatkan KAHMI untuk dapat banyak berperan di bidang ekonomi. Selama ini, KAHMI dikenal cukup berperan dalam bidang sosial politik di tanah air.

Keterpilihan Bang Samad mengalahkan sejumlah seniornya, bahkan hingga mengalahkan pimpinan KPU RI dan pejabat pemerintahan, ini menandakan bahwa KAHMI telah memberikan 'tren' kepemimpinan orang muda di Indonesia. (DPT)

Advertisement