Skip to content Skip to navigation

KADIN JAKARTA PUSAT GELAR SOSIALISASI DAN PEMBEKALAN OK OCE DI KELURAHAN GELORA

KADIN Jakarta Pusat sebagai pelaksana kegiatan sosialisasi program OK OCE (One Kecamatan One Center of Enterpreneurship), setelah Kelurahan Cempaka Putih Barat sebagi kelurahan perdana dilakukannya kegiatan sosialisasi dan pembekalan OK OCE, yang saat itu dihadiri oleh Prof Indra Uno (saat itu sebagai Ketua Program OK OCE) sebagai narasumber, kini kegiatan yang dirancang diadakan diseluruh Kelurahan se Kota Jakarta Pusat, kemarin siang hingga sore (Jumat 3 November 2017), KADIN Jakarta Pusat mempercayakan Kelurahan Gelora Kecamatan Tanah Abang, menjadi tuan rumah kegiatan Sosialisasi dan Pembekalan OK OCE. Kegiatan dimulai sekitar jam 2 siang dihadiri oleh sekitar 100 orang warga pelaku usaha.

Kegiatan Sosialisasi dan Pembekalan OK OCE yang dijalankan KADIN Jakarta Pusat di Kelurahan Gelora hari ini, dibuka oleh Ketua KADIN Jakarta Pusat R.H Victor Aritonang, sekaligus menyampaikan pengantar kegiatan dimaksud. Turut hadir dalam kegiatan OK OCE siang hingga sore kemarin, Ibu Anna mewakili Camat Tanah Abang, Bapak Andar Tobing Sekretaris Kelurahan Gelora mewakili Lurah Mediawati, Bapak Anwar Tim OK OCE KADIN Jakarta Pusat, Ibu Dian dari PTSP  (Pelayanan Tepadu Satu Pintu) Kecamatan Tanah Abang, dan Tim Bank BRI.

Victor yang juga merupakan bagian dari Tim Pemikir program OK OCE, dalam pengantar pembuka kegiatan siang kemarin, menjelaskan bahwa OK OCE dirancang untuk menghasilkan pelaku-pelaku usaha, dan mengembangkan usaha-usaha yang sedang berjalan. “Diharapkan melalui program OK OCE ini, akan tercipta lapangan kerja yang banyak, agar nantinya dapat menekan angka pengangguran di DKI Jakarta. Jadi OK OCE itu nantinya menghubungkan antar pemilik usaha dengan para pelaku usaha lain yang membutuhkan jasa dan barang yang dihasilkan binaan OK OC” demikian disampaikan Victor kepada Gerejani Dot Com disela-sela kegiatan siang tadi.

Ibu Anna yang mewakili Camat Tanah Abang Dedi Arif Darsono, menjelaskan ketidakhadiran Camat dikarenakan bertugas mendamping Wakil Gubernur Sandiaga Uno mengunjungi wilayah Kebon Melati. Ibu Anna menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan sosialisasi dan pembekalan OK OCE, secara khusus apresiasi dikarenakan Kelurahan Gelora dipilih sebagai kelurahan perdana diwilayah Kecamatan Tanah Abang.  

Ibu Dian dari PTSP menjelaskan mengenai persyaratan perizinan, proses pembuatan perizinan, legalisasi badan usaha, dan standar modal usaha. “Bila modal usahanya kecil, perizinannya bisa diproses di Kelurahan, tapi kalau puluhan bahkan hingga ratusan juta, maka perizinannya berproses di Kecamatan” urai Ibu Dian singkat.

Bapak Anwar selaku Tim OK OCE KADIN Jakarta Pusat, menjelaskan bahwa sebenarnya program OK OCE merupakan program internal Tim Sandiaga Uno dengan diketuai Prof. Indra Uno. “OK OCE ini pada awalnya program keluarga besar Sandiaga Uno, saat itu masih bernama Perkumpulan Gerakan OK OCE disingkat PGOO” jelas Anwar.

Lebih lanjut Anwar menjelaskan target dari OK OCE itu adalah terciptanya pelaku usaha (enterpreuner) sebanyak 200.000 ditingkat Kecamatan, dan adanya bantuan dana maksimal 300 juta raih. “Nanti dibentuk OK OCE Kelurahan Gelora, pembinanya ya Lurah Gelora, bila nantinya dibentuk tingkat Kecamatan, maka pembinanya ya Camat” jelas Anwar.

Sementara itu Bank BRI hadir dalam kegiatan OK OCE di Kelurahan Gelora sore kemarin, memberikan penjelasan mengenai dukungan perbankan dalam bentuk dana pinjaman atau kredit untuk usaha. Program dana usaha yang dijelaskan perwakilan Bank BRI selain Kredit Usaha Rakyat (KUR) juga sejumlah produk dana pinjaman lainnya.

Peserta kegiatan terlihat tetap mengikuti kegiatan dari siang hingga sore kemarin, mereka bertanya kepada narasumber yang hadir, tidak terkecuali pihak Bank BRI. Nampak sejumlah orang peserta mendekati perwakilan Bang BRI untuk bertanya mengenai dana usaha. Informasi dari pihak KADIN Jakarta Pusat, Bank DKI merupakan bank yang pun siap mendukung pendanaan usaha dalam wadah OK OCE. (DPT)

Advertisement