Skip to content Skip to navigation

INDRA CAHYA UNO MEMOTIVASI PESERTA TRAINING OF TRAINERS OK OCE PRASASTI SOLO RAYA DAN SEKITARNYA

Gerakan kewirausahaan One Kabupaten/Kota One Center for Enterpreneurship Prasasti, atau yang akrab disebut OK OCE Prasasti, untuk kedua kalinya mengadakan kegiatan untuk daerah Solo dan sekitarnya, pertama kali kegiatan pelatihan kewirausahaan untuk menggugah semangat dan orientasi menjadi pelaku usaha/wirausaha, dan hari ini (Sabtu 29 Desember 2018) bertempat di Banaran 9 didaerah Colomadu Karanganyar Jawa Tengah, penggerak kewirausahaan yang dipimpin secara nasional oleh Koornas R.H Victor Aritonang, dengan membawa Motivator utama OK OCE Dr. Indra Cahya Uno, dan pengusaha muda yang juga Sekjen Perkumpulan Gerakan OK OCE (PGO) Zulfiqar Priyatna sebagai narasumber dalam kegiatan Training of Trainer Kewirausahaan OK OCE Prasasti.

Kegiatan ToT Kewirausahaan OK OCE Prasasti diikuti perwakilan Koordinatoriat Daerah diwilayah Solo Raya dan sekitarnya, dengan dikoordinasikan oleh Koorda Solo Raya Fahmi Azmi. Sebelum memulai pelatihan, Dr. Indra C. Uno, didampingi Koornas OK OCE Prasasti R.H Victor Aritonang, dan Koorda OK OCE Prasasti Solo Raya, mengunjungi pabrik pembuatan tikar plastik. Pelatihan ToT dilaksanakan siang hingga sore hari, dengan pemateri awal Sekjen PGO Zulfiqar Priyatna, kemudian dilanjutkan oleh Dr. Indra C. Uno. 

Zulfiqar sebagai Sekjen PGO, menjelaskan tentang materi dasar menjadi pelatih, atau kerap disebut pendamping kewirausahaan. Zulfiqar yang selain pengusaha, juga seorang konsultan profesional bisnis, mengemukakan berbagai tips menjadi pelatih/pendamping bisnis/wirausaha, termasuk bagaimana mengelola suatu pelatihan. 

Dr. Indra C. Uno yang juga kakak kandung Sandiaga S. Uno, Calon Wapres dari Calon Presiden Prabowo Subianto, memotivasi peserta ToT agar setelah selesai mengikuti pelatihan, dapat segera menularkan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki ke orang lain, agar sasaran gerakan kewirausahaan OK OCE dapat tercapai, yakni melahirkan para pelaku usaha/wirausaha. 

Dijelaskan oleh Dr. Indra C. Uno yang juga seorang akademisi, bahwa kita harus mampu menolong bangsa, yang saat ini masih mengalami kesulitan dalam menangani masalah pengangguran dan minimnya ketersediaan lapangan kerja. 

"Pemerintah tidak mampu menciptakan lapangan kerja oleh dirinya sendiri, karena pemerintah terbatas, istilahnya mesin sudah habis-habisan, sudah diforsir, harus ada jalan lain, bisa potong kompas, yaitu orang-orang yang mau lulus dari sekolah, atau yang sudah lulus, dilatih dan didampingi dalam hal ketrampilan dan pola pikir, yang kita sebut pola pikir kewirausahaan. Kalau mereka punya skill, dan dari skill mereka bisa mendatangkan pemasukan, artinya mereka sudah bisa menciptakan satu lapangan kerja, untuk dirinya sendiri. Bila didampingi terus menerus oleh gerakan penciptaan lapangan kerja, seperti OK OCE ini, melalui komunitas mereka bisa berkembang usahanya, dan mereka makin lama makin besar peluang untuk mereka besarkan". 

Selain mengemukakan berbagai motivasi, Dr. Indra C. Uno juga menjelaskan berbagai pertanyaan peserta mengenai konsep jejaring kewirausahaan OK OCE, dan konsepsi gerakan OK OCE ke depannya. Dijelaskan Dr. Indra C. Uno yang juga pendiri Gerakan OK OCE bersama Sandiaga S. Uno, bahwa gerakan OK OCE yang berorientasi kepada penciptaan lapangan kerja melalui kewirausahaan, terbuka terhadap berbagai komponen penggerak kewirausahaan untuk bermitra maupun bersinergi, dan OK OCE juga akan terus berjalan dan tidak bergantung kepada agenda politik, termasuk politik pemilu sebagaimana saat ini sedang berjalan. (DPT)

Advertisement