Skip to content Skip to navigation

INDRA CAHYA UNO : MAHASISWA MENJADI WIRAUSAHA, BAGIAN SOLUSI MENGATASI PENGANGGURAN

Guns N' Roses band rock legendaris asal Amerika Serikat, pada Kamis 8 November 2018 menggebrak Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta dengan konser bertajuk "Not in This Lifetime Tour", formasi band yang dimotori Axl Rose, Slash, dan Duff McKagan, beserta 3 personil lainnya, Richard Fortus pada rhythm guitar, Frank Ferrer pada drum dan Melissa Reese pada keyboard, berhasil membius puluhan ribu penggemar setianya dengan menyuguhkan lagu-lagu mereka yang hits.

Masih dalam suasana kehebohan konser band legendaris Guns N' Roses, OK OCE Prasasti pun menggebrak negri asal kuliner pempek, Palembang Sumatera Selatan, kemarin Sabtu 10 November 2018, sore hingga malam, menggelar Pelatihan Kewirausahaan OK OCE Prasasti. Pelatihan diadakan di Guns Cafe & Resto, salah satu tempat kongkow-kongkownya anak-anak muda Palembang, berlokasi dekat Taman Kambang Iwak Besak Jl. Tasik No.6, Talang Semut, Bukit Kecil, Palembang.

Pelatihan kewirausahaan OK OCE Prasasti dengan narasumber Indra Cahya Uno, Ph.D sebagai Co-founder Gerakan OK OCE, Iim Rusyamsi Ketua Umum Perhimpunan Gerakan OK OCE (PGO), dan Tim Pelatih OK OCE, serta turut hadir Koordinator Nasional OK OCE R.H Victor Aritonang, membius 150 orang peserta dengan paparan-paparan yang memotivasi dan menyemangati peserta pelatihan. Peserta pelatihan didominasi mahasiswa dari berbagai kampus di Palembang, khususnya dari Universitas Sriwijaya, demikian pula dengan Koordinator Daerah OK OCE Prasasti Sumatera Selatan yang dipegang oleh M. Nadzir Dakir mahasiswa FISIP Unsri, yang juga pemilik usaha laundry sepatu.

M. Nadzir Dakir yang didampuk menjadi Koorda OK OCE Prasasti Sumatera Selatan, dalam kata sambutannya menjelaskan, dirinya tertarik mendukung gerakan OK OCE hadir di Palembang, khususnya bagi komunitas mahasiswa, karena melihat perkembangan keberhasilan pelaksanaan OK OCE di Jakarta.

Iim Rusyamsi memperkenalkan Gerakan OK OCE, suatu gerakan yang diinisiasi oleh Sandiaga Salahuddin Uno, tokoh pengusaha nasional yang kini menjadi Calon Wakil Presiden mendampingi Capres Prabowo Subianto. Iim menjelaskan motivasi umum menjadi wirausaha (pengusaha). Disebutkan pria yang juga pendiri Komunitas Tangan Diatas, ada 3 alasan, yakni necessity (kepepet, desakan situasi), replicative (mengikuti tren bisnis), dan innovative (ada ide kreatif). Iim juga membagikan pengalamannya menjadi pengusaha, yang diawalinya ketika masih menjadi karyawan. "Saya dulu memulai usaha saat masih bekerja, dalam bisnis saya saat itu, saya menjadi CEO, Chief Everything Officer, orang yang sibuk mengurusi semua hal, tapi seiring proses waktu, kini CEO tersebut menjadi Chief Executive Officer" tutur Iim.

Para pelatih nasional OK OCE Rully Mardjono dan Sahmullah Revqi, memaparkan beberapa konsep praktis untuk kesiapan menjadi wirausaha (pengusaha), diantaranya Strategi Bisnis dan Pemasaran, serta Mental dan Pola Pikir Enterpreneur.

Narasumber utama sekaligus Motivator Nasional OK OCE, Indra Cahya Uno, Ph.D, sekalipun tampil pada sesi terakhir, animo peserta masih tetap bersemangat mendengarkan paparan Indra.

Indra yang juga pengajar S2 Magister Manajemen, menjelaskan keterkaitan pelatihan kewirausahaan OK OCE Prasasti dengan upaya solusi permasalahan bangsa, yakni ketenagakerjaan dalam hal pengangguran.

Indra mengapresiasi kehadiran peserta pelatihan, yang mayoritas masih berstatus mahasiswa. "Perguruan Tinggi berkontribusi terhadap jumlah angka pengangguran, sebanyak 1,089 juta orang lulusan sarjana dan diploma/akademi. Jadi kehadiran kalian disini sudah tepat, sebagai awal proses solusi mengatasi pengangguran" ungkap Indra.

"Menjadi wirausaha atau pengusaha adalah langkah mengatasi masalah pengangguran. Bila kalian mempunyai usaha, setidaknya diri sendiri tidak menganggur, ketika usaha berkembang, tentu akan diikuti dengan penambahan jumlah pekerjanya, dan itu sudah berkontribusi mengurangi angka jumlah pengangguran" urai Indra, yang selanjutnya peserta diperkuat motivasinya dengan penayangan video kesaksian sejumlah mahasiswa dan anak muda lainnya dari berbagai daerah, yang telah mempunyai usaha, ataupun usahanya berkembang, setelah mengikuti pelatihan dan bimbingan dari OK OCE dan Mien Uno Foundation.

Sebagaimana tradisi pelatihan OK OCE Prasasti diakhir pelatihan, peserta dan para narasumber berfoto bersama, tidak lupa juga peserta melakukan swa-foto secara khusus dengan Indra C. Uno, yang sudah dikenal sebagai Kakak kandung Cawapres Sandiaga S. Uno. (DPT)

Advertisement