Skip to content Skip to navigation

INDONESIA KINI TEMBUS 4 BESAR MEDALI ASIAN GAMES 2018

Kontingen Indonesia sudah mengoleksi 20 medali emas hingga hari ke-9 penyelenggaraan Asian Games 2018, pada posisi hari Senin (27 Agustus 2018) sore. Delapan medali emas pada hari ke-9 dipersembahkan dari cabang pencak silat. Tambahan delapan medali emas ini memantapkan posisi Indonesia di peringkat 4 besar klasemen sementara perolehan medali Asian Games 2018. 

Para atlet pencak silat Indonesia menyapu bersih seluruh delapan nomor yang dipertandingkan pada Senin pagi hingga sore di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Mereka adalah Puspa Arumsari, duet Yolla Primadona Jampil-Hendy, trio Nunu Nugraha, Asep Yuldan Sani, Anggi Faisal Mubarok, Aji Bangkit Pamungkas, Komang Harik Adi Putra, Iqbal Candra Pratama, Sarah Tria Monita, dan Abdul Malik, demikian diberitakan lipsus.kompas.com.

Atlet pencak silat memborong emas Asian Games 2018, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan Presiden Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat), punya peran di balik kesuksesan tersebut. Hal ini diungkapkan Ketua Harian PB IPSI Edhy Prabowo, yang juga Wakil Ketua Komisi IV DPR RI.

"Pak Prabowo kan Ketua IPSI yang selalu mengemong kita, menyemangati, mengayomi kita. Beliau itu inspirasi kita untuk pencak silat Indonesia. Beliau yang selalu menyemangati kita untuk berani, untuk berjiwa kesatria dan pendekar," kata Edhy, sebagaimana dikutip dari detik.com Senin (27/8/2018).

"Tapi yang jelas selama ini kita pencak silat, karena pencak silat sendiri kan, kita tahu, kita belum ada anggaran dari pemerintah. Kita dapat anggaran kalau ada multievent. Anggaran di Asian Games ini juga pemerintah cukup perhatian dengan adanya event ini. Kita juga tidak melupakan itu. Kita sangat bersyukur pemerintah mulai peduli, tetapi tidak semuanya kan bisa terpenuhi," urai Edhy. 

"Ada beberapa hal masih Pak Prabowo tampil dalam hal melengkapi, menambah, menguatkan, memotivasi, termasuk juga latihan silat yang harus ke China, harus ke negara lain. Kadang-kadang biayanya kurang, beliau juga. Ya (akomodiasi)," imbuhnya. 

Posisi klasemen dan perolehan medali Asian Games 2018, Selasa 28 Agustus 2018, Indonesia masih bertahan berada di posisi 4 besar sampai pukul 16.00 WIB, setelah Markus Gideon/Kevin Sanjaya dan Jonatan Christie menambah medali emas menjadi 24 keping.

Indonesia menambah dua medali emas dari bulutangkis Jonatan Christie dan Marcus/Kevin dari cabang olahraga bulutangkis. Namun, posisi Indonesia di klasemen dan perolehan medali Asian Games 2018 masih di peringkat 4, demikian diberitakan banjarmasin.tribunenews.com.

Cuitan Joko Widodo pada laman Twitternya @jokowi, mengemukakan harapannya kepada Kontingen Indonesia : Asian Games 2018 masih berlangsung sepekan lagi, atlet-atlet Indonesia sudah melampaui target 16 medali emas yang dicanangkan. Hari ini, Indonesia telah mengumpulkan 22 medali emas, delapan di antaranya dari pencak silat. Dan perburuan medali masih berlangsung. Alhamdulillah. (DPT)

 

Advertisement