Skip to content Skip to navigation

HARI INI PRESIDEN JOKO WIDODO AKAN PIDATO DALAM PEMBUKAAN KONGRES GMKI KE-36

Kongres GMKI ke-36 yang diadakan di Hotel Green Forest Bogor, setelah diawali dengan Ibadah Pembukaan pada 12 September 2018, dan kemarin Kamis 13 September 2018, peserta kongres melakukan berbagai pembahasan tentang sejumlah isu strategik, yakni :
1. Politik, Hukum, dan HAM
2. Kepemiluan
3. Ekonomi dan Kewirausahaan
4. Pendidikan
5. Media
6. Perempuan dan Kepemimpinan

narasumber yang hadir berasal dari kalangan Senior Member GMKI, seperti Sahat Sinaga, Nelson Simanjuntak, Jojo Rohi, Deddy P. Tambunan, Agustinus 'Jojo' Rahardjo, dan lainnya.

Study meeting berbasis cluster isu-isu strategik yang dikemas dalam format FGD tersebut, menarik antusiasme peserta mengikuti paparan dan pembahasan bersama narasumber, sebut saja semisal pada cluster Media yang diisi oleh Deddy P. Tambunan (GMKI Jakarta) dan Agustinus 'Jojo' Rahardjo (GMKI Surabaya).

Deddy P. Tambunan yang menyampaikan pentingnya pelayanan media, khususnya jaringan informasi dan pemberitaan bagi organisasi GMKI, dan Agustinus 'Jojo' Rahardjo yang menjelaskan pentingnya mempunyai kemampuan menulis dan cermat dalam pemanfaatan media sosial, direspon berbagai pertanyaan dan usulan dari peserta cluster media.

Dari sekian banyak pertanyaan dan usulan yang dibahas, setidaknya ada dua konteks konteks garis besar isu yang akan ditindaklanjuti pembahasannya oleh peserta kongres ke tingkat pembahasan dalam pokok-pokok pikiran kongres, yakni pembentukan suatu wadah pemberitaan GMKI yang terstruktur dari tingkat pusat hingga ke komisariat, dan pelaksanaan pertemuan nasional civitas GMKI bidang Media.

Pertemuan study meeting cluster isu-isu strategik, yang dimulai sekitar jam 7 malam, selesai dilaksanakan sekitar jam 10 malam. Selesai mengikuti study meeting, peserta disuguhi penganan jagung rebus dan minuman hangat, sembari menikmati kesegaran udara malam hari Kota Bogor.

Sementara peserta kongres bercengkerama sembari menikmati penganan dan minuman hangat, kesibukan terjadi disebuah ruangan yang pagi ini akan dipergunakan untuk seremoni upacara pembukaan persidangan kongres. Nampak sejumlah petugas hotel dan panitia, serta aparat dari pihak Paspampres yang sibuk memasang peralatan keamanan untuk persiapan kehadiran Presiden Joko Widodo yang akan menghadiri dan menyampaikan pidato pembukaan kongres.

Kehadiran Presiden Joko Widodo dalam pembukaan Kongres GMKI, menurut penelusuran Gerejani Dot Com, merupakan kehadiran yang ke-6 dalam kongres OKP kemahasiswaan Kelompok Cipayung, setelah sebelumnya pada Mei 2017 hadir dalam Kongres PMII di Kota Palu Sulawesi Tengah, November 2017 Kongres GMNI di Kota Manado, Januari 2018 Kongres PMKRI di Kota Palembang, Kongres HMI Februari 2018 di Kota Ambon, dan Kongres KMHDI Agustus 2018 di Kota Jogjakarta, sementara Kongres Hikmahbudhi yang akan dilaksanakan November 2018 di Kota Pontianak, belum didapat kepastian informasi kehadiran Presiden. (DPT)

Advertisement