Skip to content Skip to navigation

GURUBESAR UI PROF TAPI OMAS IHROMI-SIMATUPANG MENINGGAL DUNIA

Guru Besar Fakultas Hukum dan juga FISIP UI, Prof. Dr. Tapi Omas Ihromi boru Simatupang, SH., MA, istri dari Alm Prof. Dr. Ihromi, yang juga adik kandung Jenderal TNI (Purn) TB Simatupang, meninggal dunia kemarin (Minggu, 5 Agustus 2018), di Rumah Sakit Siloam, Kebon Jeruk Jakarta. Almarhumah TO. Ihromi br Simatupang, lahir di Pematang Siantar 2 April 1930, menikah dengan Prof. Ihromi seorang pendeta di Gereja Kristen Pasundan, pada November 1959, mereka dikaruniai dua orang anak perempuan, yaitu Nia Kurniati dan Ade Satiawati. Dari kedua anak ini, pasangan Ihromi-Simatupang ini mendapatkan empat orang cucu, yakni Astrid Saraswati, Kristi Helena Ratnaningsih, Manendra Muhtar, dan Saut Benyamin.

TO. Ihromi br Simatupang, sebagaimana almarhum suaminya, juga Senior dari Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), dalam kariernya sebagai akademisi, catatan Wikipedia, dikenal sebagai seorang pakar hukum adat, Tapi Omas aktif membela kepelbagaian adat-istiadat di Indonesia. Ia berpendapat, penyeragaman hukum di Indonesia seperti yang dilakukan oleh pemerintah Orde Baru hanya akan menimbulkan masalah di masyarakat. Selain itu, Tapi Omas juga dikenal sebagai seorang pembela kedudukan perempuan dalam masyarakat Indonesia. Dikenal sebagai pelopor studi dan gerakan feminis di Indonesia, Tapi Omas ikut mendirikan Pusat Kajian Perempuan di Universitas Indonesia pada 1979Kiprah Guru Besar Universitas Indonesia ini juga seorang pencetus, sekaligus pengajar mata kuliah ”Wanita dan Pembangunan” di FISIP UI. Pada tahun 1990, Prof Omas bersama teman-temannya mendirikan Program Studi Kajian Wanita di tingkat magister UI. Prof Omas juga terlibat dalam pendirian Fakultas ISIP (FISIP) Universitas Indonesia. Selama masa hidupnya, Prof Omas banyak terlibat di bidang antropologi khususya kajian-kajian mengenai perempuan. Karena keahliannya, para akademisi menyebut Prof Omas sebagai 'The Mother of Indonesian Feminist Studies, sebagaimana diberitakan Gatra.com.

Rencananya, Prof Omas akan dimakamkan pada hari selasa tanggal 7 Agustus 2018 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta. Berdasarkan infomasi dari keluarga besar, rumah duka berada di Jalan Putri Tunggal No.18, Kampung Pedurenan, Harjamukti Cimanggis, Depok. Direncanakan pemberangkatan almh Prof TO Ihromi boru Simatupang, dilakukan di Gereja Kristen Pasundan (GKP) Rehoboth Jatinegara Jakarta Timur. 

Berikut informasi rencana ibadah penghiburan dan prosesi pemakaman almh Prof. Dr. TO Ihromi br Simatupang, SH., MA : 

SENIN, 6 AGUSTUS 2018

1. Pelayanan Ibadah Penghiburan dari YAMUGER (jam 13:00 WIB)
 
2. Pelayanan penghiburan dari Keluarga besar Simatupang (jam 16:00 wib). 
 
3. Pelayanan penghiburan dari Keluarga besar Panggabean (jam 17:00). 
 
4. Pelayanan Ibadah Penghiburan dari Keluarga besar Gereja Pouk Pukris Kota Wisata (jam 18:00-20:00 wib). 
 
SELASA, 7 AGUSTUS 2018 :
 
1. Upacara penghormatan dari Fakultas Hukum dan FISIP UI (jam 10:00 wib). 
 
2. Ibadah penutupan peti dan pelepasan oleh GKP Rehoboth Jatinegara (jam 12:00)
 
3. Ibadah pemakaman di TPU Pondok Rangon oleh Gereja Pouk Pukris Kota Wisata (jam 15:00 wib).
 
 

Advertisement