Skip to content Skip to navigation

GEREJA YESUS KRISTUS DARI ORANG-ORANG SUCI ZAMAN AKHIR DI SURABAYA WUJUD TOLERANSI, AKSI BAGI TAKJIL DAN PEDULI JANDA LANSIA

Masih segar ingatan kita peristiwa bom di 3 gereja di Surabaya belum lama ini, begitu menggoncangkan nurani kita, hal tersebut mengingat sebelumnya terjadi peristiwa di Mako Brimob Depok, saat itu terjadi kerusuhan napi teroris di Rutan Mako Brimob Depok, yang mengakibatkan gugurnya prajurit Polri akibat prilaku sadis terpidana terorisme.

Namun dikarenakan semangat persatuan dan kesatuan yang kuat diantara masyarakat, situasi yang mengguncangkan tersebut pun tidak lama berganti dengan berbagai aksi solidaritas masyarakat untuk memulihkan kondisi kehidupan berbangsa, bermasyarakat, dan bernegara.

Saat ini dalam suasana dan nuansa Bulan Suci Ramadhan, di Surabaya terjadi suatu aksi kebersamaan yang dilakukan oleh komunitas jemaat Gereja Yesus Kristus Dari Orang-orang Suci Zaman Akhir (GYK OSZA), yakni aksi pembagian takjil (penganan awal saat berbuka puasa).

Sebagaimana disampaikan oleh Bidang Urusan Masyarakat GYK OSZA, aksi pembagian takjil tersebut merupakan sebagai bentuk toleransi antar umat beragama dan dalam rangka mempererat tali persahabatan, jemaat Gereja Yesus Kristus Dari Orang – Orang Suci Zaman Akhir di Kota Surabaya kepada masyarakat di wilayah Kelurahan Ngagel, Surabaya.

Pembagian takjil diadakan pada hari Selasa 29 Mei 2018, melibatakan puluhan ibu – ibu PKK dan Karang Taruna Kelurahan Ngagel, serta belasan mahasiswa/i dari beberapa Universitas Islam dan Negeri di Kota Surabaya yang tergabung dalam Young Interfaith Peacemaker Community (YIPC) alias Komunitas Pemuda Cinta Damai. Sekitar dua ratusan kotak berisi makanan dan minuman dibagikan kepada pengendara sepeda motor dan masyarakat yang melintas menjelang jam berbuka puasa.

Sister Christin Prayitno selaku perwakilan Urmas Gereja Yesus Kristus Dari OSZA di Jawa Timur mengatakan bahwa ajaran gereja sangat mengedepankan toleransi dan kerukunan dalam perbedaan. “Jemaat gereja di Jawa Timur bersemangat terlibat dalam pembagian takjil ramadhan. Kami berharap kegiatan sederhana seperti ini dapat mempererat toleransi antar umat beragama dan persahabatan antara gereja dengan masyarakat di Kota Surabaya, khususnya di wilayah Kelurahan Ngagel ini” ujarnya.

Perwakilan Karang Taruna Ngagel, Bapak Mochamad Iksan, melalui pesan whatsapp menyampaikan  ucapan terima kasih atas partisipasi jemaat Gereja OSZA dalam kegiatan pembagian takjil ramadhan di wilayahnya. Hal senada juga disampaikan oleh Ibu Lilik selaku Lurah Kelurahan Ngagel, “Semoga kita bisa bekerjasama kembali pada kesempatan lain yang berhubungan dengan pelayanan kepada masyarakat. Terima kasih banyak Gereja Yesus Kristus” ujar Ibu Lurah Lilik.

Selain pembagian takjil kepada pengendara kendaraan bermotor yang melintas, didampingi oleh beberapa anggota PKK Kelurahan Ngagel, Ibu Lurah Lilik dan perwakilan Urmas serta pemimpin keimamatan Gereja Yesus Kristus Dari OSZA Surabaya kemudian menyambangi sejumlah janda - janda lansia dan membagikan donasi bahan – bahan pokok kepada mereka. Kegiatan ini ditutup dengan melakukan buka puasa bersama mahasiswa/i dalam komunitas YIPC. (DPT)

 

Advertisement