Skip to content Skip to navigation

GENERASI MILENIAL TORAJA MEMBANGUN PORTAL ANTI HOAX - KABARBAGUS.NET

Jelang memperingati Hari Tragedi 12 Mei Gerakan Reformasi Mahasiswa Indonesia, sejumlah generasi milenial Toraja, menginisiasi hadirnya suatu situs portal bernama kabarbagus.net.

Kondisi pandemi Covid-19 tidak menghambat ide dan kreativitas digital generasi milenial Toraja, yang digawangi Pdt. Sufriadi MS, M.Th, seorang pendeta milenial dari Gereja Toraja, yang juga akademisi UKI Toraja dan STAKN Toraja.

Kabarbagus.net pada 10 Mei 2020 berlokasi di Toraja Sulawesi Selatan, telah melakukan soft launching melalui suatu webinar/diskusi online. Diskusi Online Portal Media Anti-Hoaks & Soft Launching kabarbagus.net,
bertema: “Pemuda Indonesia meredam hoaks dalam pusaran Covid-19”.

Diskusi online melibatkan narasumber :
1. Pdt. Sufriadi (founder kabarbagus.net)
2. Billy Mambrasar (Staf Khusus Milenial Presiden RI)
3. Imanuel Sale, S.Si.Teol. (Ketua Bidang Pemuda Sinode GMIH/Gereja Masehi Injili di Halmahera)
4. Yosi Mokalu (Artis, Ketua Umum Siberkreasi)
5. Alan Christian Singkali (Direktur Pendidikan & Sosialisasi IAAC/Institute for Action Against Corruption)

Menurut Sufriadi, founder kabarbagus.net, yang juga Ketua Bidang Kerohanian dan Persekutuan DPP GAMKI, kabarbagus.net adalah sebuah platform untuk menyampaikan kabar, berita, kisah, yang benar-benar real (nyata) di tengah-tengah masyarakat khususnya pada kaum muda di seluruh Indonesia.

"Melalui platform ini, maka setiap orang menerima berbagai informasi multidimensi yang dapat menginspirasi dan memotivasi banyak orang. Situs kabarbagus.net hadir sebagai upaya untuk tampil dalam arena "news war", ataupun dalam panggung perlombaan berita, agar kabarbagus.net akan lebih mendominasi berbagai berita khususnya bagi kaum muda, sehingga melalui kabar bagus itulah kaum muda dapat mengeksplorasi kehidupan dengan berbagai potensi yang dimiliki" lanjut Sufriadi.

Sufriadi juga memaparkan bahwa tujuan dibentuknya portal ini, yaitu untuk ikut serta atau terlibat dalam perang melawan hoaks dan fake news, dengan melibatkan kaum muda (milenial, gen Z, dan alpha). Membangun literasi berkualitas dan positif di kalangan anak muda yang bisa menginfluens masyarakat luas.

Diharapkan melalui situs
kabarbagus.net ini, kita dapat
membangun sebuah platform media multidimensi yang dapat dipakai untuk mengangkat berbagai potensi kaum muda di Indonesia agar dapat berkontribusi bagi kemajuan Indonesia.

Pada diskusi online soft launching yang dipandu moderator Prisa Sombo Datu (jurnalis MNC Grup), dengan host meeting Zoom, Christian Kevin Lalanlangi Pakan (reporter iNews TV), Billy Mambrasar sebagai Staf Khusus Milenial Presiden RI mengatakan, dirinya mengapresiasi gerakan Pdt. Sufriadi untuk membangun literasi digital dan juga mengedukasi pemuda Indonesia untuk menciptakan konten positif dan membangun.

Billy yang juga tokoh muda asal Papua, penggiat platform digital untuk pengembangan kualitas sumber daya manusia kaum muda Papua, menambahkan bahwa dirinya akan menyampaikan ke Kementerian Komunikasi dan Informasi, bahwa portal seperti kabarbagus.net
dapat didukung oleh pemerintah, dan diberi rewards agar semakin giat dalam menciptakan konten positif dan aktif dalam memerangi hoax.

Sementara itu Yosi Mokalu, artis personel Project Pop, senada dengan Billy mensupport portal ini, dan berharap bahwa portal ini kiranya ikut mengambil bagian dalam memerangi hoaks di Indonesia.

Yosi berpesan agar anak muda lebih giat untuk mem-filter segala berita yang tersebar sehingga hoaks semakin bisa diredam.

Imanuel Sale Ketua Pemuda Sinode GMIH, mengemukakan bahwa portal seperti kabarbagus.net sangat efektif untuk membawa pemuda menjadi lebih kreatif dan ikut memerangi hoaks.

Alan Christian Singkali (Direktur Institute for Action Against Corruption/IAAC) yang juga mahasiswa pascasarjana UKSW Salatiga, menambahkan bahwa portal seperti kabarbagus.net
ini, tentu akan memberi dampak positif pada upaya bersama memerangi hoaks di Indonesia.

Menurut Alan, hoaks adalah salah satu pola koruptif yang harus diperangi. Tidak hanya lahir alamiah di tengah masyarakat, namun juga ada yang disetting oleh buzzer dan bot, sebagai akibat dari fenomena sosial politik yang bergesekan kuat.

Harapan bersama, baik dari founder kabarbagus.net maupun narasumber serta peserta diskusi online bahwa portal ini benar-benar dapat berdampak bagi Indonesia khususnya dalam upaya memerangi hoaks di Indonesia serta mengajak seluruh pemuda di Indonesia untuk bersama menjadi penggerak utama dalam menciptakan konten positif, kreatif dan inovatif. (DPT)

Advertorial

Advertisement