Skip to content Skip to navigation

FESTIVAL SASTRA DAN RUPA KRISTIANI 2018, DIGELAR DI GRHA OIKOUMENE 23-25 AGUSTUS 2018

Berlokasi di Grha Oikoumene Kantor Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Jl. Salemba Raya No. 10 Jakarta Pusat, Komunitas Seruni (Seni Rupa Kristen Indonesia), Biro Pemuda dan Remaja PGI, LAI, BPK Gunung Mulia, Litera, Bina Kasih, STFT Jakarta, dan Ignite menggelar Festival Sastra dan Rupa Kristiani 2018. Festival yang menampilkan ragam ekspresi seni, seperti pameran lukisan, workshop esai sastra, poem slam (open mic), peluncuran buku, dan masih banyak lagi lainnya. Ketua Umum MPH PGI Pdt. Dr. Henriette Lebang-Hutabarat, dengan didampingi Romo Mudji Sutrisno, Prof. Melani Budianta, Ph.D, Sekretaris Umum LAI Sigit Triyono, Pembina Yayasan Bina Kasih Benny E. Matindas, Ketua Panitia Ita Siregar, dan sejumlah tokoh lainnya, pagi tadi (Kamis 23 Agustus 2018) secara resmi telah membuka festival. Festival mengangkat tema "Aku Dalam Kamu, Kamu Dalam Aku", dengan sub tema "Ragam Ekspresi Iman", akan berlangsung hingga Sabtu 25 Agustus 2018.

Pendeta Eri demikian sapaan akrab Ketua Umum MPH PGI, dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur atas dilaksanakannya Festival Sastra dan Rupa Kristiani 2018, dan berharap kegiatan tidak hanya baik bagi perkembangan sastra dan seni rupa kristen, tetapi juga bagi perkembangan sastra dan seni rupa di Indonesia. Refleksi tema festival disampaikan oleh Romo Mudji Sutrisno, dan Prof Melani Budianta menyampaikan paparan mengenai "Kekristenan dalam Seni dan Budaya : Aspek LIntas Budaya" ddalam sambutan tertulisnya.

Pada pembukaan festival pagi tadi, juga dilakukan pemberian penghargaan khusus kepada mereka pelaku seni yang telah mendedikasikan hidupnya bagi eksistensi dan perkembangan seni dan sastra di Indonesia, khususnya seni dan sastra kristen. Penghargaan diberikan kepada Pdt. Andar Ismail penulis kristen, perupa asal Bali I Ketut Lasia, dan juga Prof. Melani Budianta.

Dalam rangkaian kegiatan festival, akan diadakan acara diskusi panel mengenai sastra kristen dalam sejarah sastra Indonesia, minum teh bersama Ayu Utami, peluncuran buku "Rahel Pergi ke Surga Sendiri", workshop kelas kreatif untuk pembina sekolah minggu, smokol bersama budayawan Eka Budianta, hoaks dan parodi sastra, dan berbagai diskusi serta workshop yang mengangkat topik menarik untuk diikuti. Untuk informasi lebih jelasnya, dapat menghubungi Olivia Susan 081287022316. (DPT) 

Advertisement