Skip to content Skip to navigation

EKSPEDISI KAYAK PELAJAR URAL SMAN 28 JAKARTA DI WADUK JATILUHUR

Aktivitas ekstrakurikuler bagi pelajar sekolah khususnya, merupakan bagian dari proses pembentukan watak dan karakter. Selain itu juga, penting untuk menumbuhkan sikap sportifitas, memperkuat persahabatan, meningkatkan intelektualitas, dan menambah pengalaman kehidupan.

Pecinta alam sebagai salah satu aktivitas ekstra kurikuler pada tingkatan SMA, dengan aktivitas yang berorientasi pada pembentukan jiwa cinta tanah air, peduli lingkungan, dan kemampuan life skill, dapat mendorong para pelajar yang menjadi anggotanya untuk berani mengambil tantangan dan menyelesaikannya dengan perencanaan dan perhitungan yang baik.

Union Rangers and Long-climbers SMAN 28, atau akrab disebut URaL 28, salah satu ekskul tertua di SMAN 28 Pasar Minggu Jakarta Selatan. Saat ini, URaL 28 yang berdiri sejak 18 September 1982, telah eksis selama 36 tahun, telah melahirkan 37 angkatan dengan anggota sekitar 800 – 900 orang.

URaL 28 memiliki 3 spesialisasi pembidangan keahlian, yaitu Grup 1 fokus pada penjelajahan gunung hutan, rock climbing dan caving. Grup 2 fokus pada danau, sungai, dan laut. Terakhir Grup 3 fokus pada sosiologi pedesaan dan lingkungan masyarakat sekitar. Matra ketiga grup ini, UDARA, RIMBA, LAUT, akhirnya yang membentuk penyebutan URAL, 'bahasa' lain dari istilah asingnya, sehingga akrab didengarnya.

Seiring dengan keinginan anggota URaL 28 untuk mengeskspresikan minat dan bakatnya, terutama dalam bidang kepecintaalaman, khususnya sebagai wujud jiwa kepeloporan, URaL SMAN 28 Jakarta akan melaksanakan kegiatan EKSPEDISI KAYAK PELAJAR INDONESIA (EKPI) URaL 28 Jakarta. Ekspedisi Penjelajahan Menggunakan Kayak.

Dalam rilis media yang diterima Gerejank Dot Com, dijelaskan bahwa EKPI URaL 28 Jakarta adalah ekspedisi kayak pertama yang dilaksanakan oleh pelajar SMA. Peserta ekspedisi ini adalah pelajar SMAN 28 Jakarta yang tergabung dalam URaL 28. Pesertanya terdiri dari 6 orang pendayung.

Kayak sendiri dipilih sebagai media ekspedisi, karena dianggap cocok dengan medan air di Indonesia seperti danau, sungai dan laut. Fleksibilitasnya memungkinkan penggunanya untuk menempuh medan air yang tidak mampu lagi dilalui dengan kapal. Kayak juga memungkinkan untuk menjelajahi daerah-daerah sekitar danau atau sungai dan laut yang terpencil.

Medan ekspedisi yang dipilih adalah Waduk Jatiluhur di daerah Purwakarta, provinsi Jawa Barat. Waduk Jatiluhur sendiri merupakan waduk terbesar di Indonesia dengan potensi pariwisata yang melimpah. Dengan luas ±4.500k m² dan keliling ±150 km, Waduk Jatiluhur juga dipenuhi dengan panorama alam eksotis yang melingkupi Tebing Parang, Gunung Lembu, dll. Ekspedisi akan dilaksanakan pada hari Senin, 9 Juli 2018 dan diperkirakan memakan waktu sekitar 3 - 4 hari.

“Ekspedisi ini tentu merupakan terobosan bagi kami para pelajar dalam mengejar passion kami sebagai anggota pecinta alam. Sebagai murid kami juga ingin mempersembahkan prestasi terbaik untuk sekolah dan bangsa Indonesia. Kami juga berharap dengan adanya ekspedisi ini, dapat menumbuhkan minat akan olahraga air dan kecintaan terhadap Indonesia sebagai negeri bahari” jelas Firyal Mustofa selaku ketua Ekspedisi Kayak Pelajar Indonesia – URaL SMAN 28 Jakarta.

Ekspedisi ini merupakan bentuk upaya URaL 28 dalam mempromosikan pelestarian lingkungan hidup di Indonesia, yang masih membutuhkan banyak perhatian dari masyarakat. Ekspedisi ini juga menjadi sarana untuk mempelajari aspek sosial budaya masyarakat yang bermukim di sekitar Waduk Jatiluhur.

Tujuan dari ekspedisi ini adalah melatih jiwa kepemimpinan dan cinta tanah air khususnya anggota URaL 28 Jakarta, dan menginspirasi para pelajar dan pemuda Indonesia untuk juga turut mendukung pelestarian alam, dan mempromosikan pariwisata.

EKPI URaL 28 Jakarta juga dimaksudkan, untuk mengenalkan dan mempopulerkan olahraga Kayak kepada pelajar Indonesia, sebagai olahraga petualangan alternatif. Ekspedisi ini diharapkan dapat membuka potensi pariwisata alam Indonesia, khususnya di sekitar daerah Waduk Jatiluhur yang menyimpan banyak potensi.

Kegiatan EKPI URaL 28 Jakarta yang perdana ini, sekalipun masih didanai secara gotong royong oleh komunitas anggota URaL 28 Jakarta, dan beberapa donatur, layak diapresiasi publik dan pemerintah, khususnya pemerintah daerah setempat. Terlebih lagi dikarenakan ekspedisi dilakukan oleh para pelajar yang terkategori generasi milenial.

Bila anda ingin berkomunikasi lebih jelas, mengenai kegiatan Ekspedisi Kayak Pelajar Indonesia (EKPI) URaL 28 Jakarta, dapat menghubungi narahubung : Fadilla Miftahul 085214991202 (Miftahulfadillanna7@gmail.com), atau

Ajeng Ghede 087804637893 (ajengghederiyani1002@gmail.com). (DPT)

Advertisement