Skip to content Skip to navigation

DIRJEN BIMAS KRISTEN PROF THOMAS PENTURY JALAN SEHAT BERSAMA KETUA UMUM PP GMKI DAN CIVITAS GMKI JAKARTA "SEMANGAT MENUJU KONGRES GMKI KE-36"

Masih dalam nuansa Hari Pahlawan 10 November, dan juga semangat peringatan 500 tahun Reformasi Gereja, GMKI Jakarta melaksanakan GMKI Jakarta Funwalk "Semangat Menuju Kongres GMKI Ke-36 Jakarta 2018". Kegiatan yang start-finish dipelataran luar (pedestrian) Gedung Kementerian Agama RI Jl. MH Thamrin No.6 Jakarta Pusat, turut didukung oleh Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si, selain sebagai Senior GMKI, Prof Tommy demikian sapaan akrab Dirjen Bimas Kristen, juga salah seorang Penasehat Panitia Kongres GMKI Ke-36.

Kegiatan jalan sehat diikuti puluhan orang civitas GMKI Jakarta, diawali dengan doa pembukaan oleh Senior Manaek Simatupang, S.Th, kemudian dilanjutkan arahan dari Senior Prof. Tommy, dan sesudahnya secara simbolik membuka resmi kegiatan jalan sehat.

Turut hadir bersama Dirjen Bimas Kristen mengikuti jalan sehat, selain civitas GMKI Jakarta, termasuk Ketua, Sekretaris dan sejumlah fungsionaris BPC GMKI Jakarta (yang saat ini sedang dalam proses pembinaan oleh PP GMKI), anggota GMKI Jakarta dari berbagai kampus, juga ikut berpartisipasi berjalan bersama, Ketua Umum PP GMKI Sahat MP Sinurat. Tidak ketinggalan juga sejumlah Staf Dirjen Bimas Kristen turut beraktivitas jalan sehat bersama peserta.

Kegiatan jalan sehat yang disertai dengan pengusungan dua spanduk berisikan pesan tematik, yakni #kongres_xxxvi_gmki_jakarta2018, dan #500thnreformasigereja, diselingi perbincangan akrab antar peserta, dan ataupun dengan Prof. Tommy, membuat peserta dan Prof. Tommy tidak merasakan letih menempuh rute Kantor Kemenag RI-Bundaran Patung Kuda-Jl. MH Thamrin-Bundaran HI-Kemenag RI sejauh sekitar 3,5 KM.

Selepas kegiatan jalan sehat, seluruh peserta langsung memasuki gedung Kementerian Agama RI menuju lantai 10, ruang pertemuan Dirjen Bimas Kristen. Disana peserta bersama Prof Tommy, beramah tamah dan berdialog santai. Ramah tamah dan dialog diawali dengan doa pembukaan oleh Senior Hotben Lingga, dan ditutup dengan doa berkat oleh Senior Manaek Simatupang.

Prof Tommy dalam percakapannya selain menyampaikan pemikirannya tentang Kongres GMKI ke-36, diharapkannya akan melahirkan pemimpin yang mampu membawa GMKI mencapai tingkat optimum sebagai organisasi kader. “Setahu saya dari dulu hingga saat ini, GMKI selalu menggunakan bahasa ‘konsolidasi’. Sudah saatnya dipikirkan untuk sejauh apa kita berkonsolidasi, perlu digagas pada tingkat mana pencapaian optimum” ujar Prof Tommy yang juga pakar matematika. Prof Tommy juga mengungkapkan harapannya atas situasi yang terjadi saat ini antara BPC GMKI Jakarta dengan PP GMKI. “Saya berharap hal ini bisa diselesaikan secara baik, tidak perlu digembar-gemborkan, agar Kongres nanti dapat dipersiapkan dengan baik” harap Prof Tommy.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum PP GMKI Sahat MP. Sinurat dan Ketua BPC GMKI Jakarta (dalam status pembinaan PP GMKI) Agung Tamtam Sidabutar, saling mengungkapkan bahwa diantara mereka masih terjalin komunikasi intens, bahkan sering bertemu dan ngupi bareng. “Sebenarnya sudah ada titik temu diantara kami PP GMKI dengan BPC GMKI Jakarta, dan kami harapkan, tidak ada lagi hal-hal yang dapat mengganggu konsolidasi ini” ujar Ketua Umum PP GMKI yang disambut baik oleh Ketua BPC GMKI Jakarta Agung Tamtam Sidabutar.

Dihadapan para peserta jalan sehat dan Senior Prof Tommy Dirjen Bimas Kristen, kedua figur pimpinan GMKI berkomitmen untuk sesegera mungkin menyelesaikan permasalahan yang ada.

Prof Tommy selain menanggapi persoalan persiapan kongres, juga mengungkapkan tentang konsentrasi Ditjen Bimas Kristen, yakni terhadap persoalan keberadaan guru-guru agama kristen disekolah-sekolah negeri, dan berbagai prilaku/tindakan diskriminatif.

“Saya perlu data atas berbagai kasus yang terjadi riil, kalian juga sebagai BPC GMKI Jakarta bisa menyurati langsung ke Gubernur DKI Jakarta, melaporkan berbagai masalah riil yang terjadi menyangkut masalah guru agama dan pendidikan agama kristen.

Dialog yang berlangsung dengan suguhan minuman hangat, berjalan lebih kurang 2 jam tanpa terasa, kegiatan keseluruhan Jalan Sehat GMKI Jakarta “Semangat Menuju Kongres GMKI Ke-36 Jakarta 2018” berakhir dengan berfoto bersama seluruh peserta jalan sehat dengan Dirjen Bimas Kristen. (DPT)

Advertisement